alexametrics

DKI Lakukan Groundbreaking Pembangunan TPS Blok G Tanah Abang

loading...
DKI Lakukan Groundbreaking Pembangunan TPS Blok G Tanah Abang
Direktur Utama PD Pasar Jaya, Arief Nasrudin. Foto/SINDOnews/Komaruddin Bagja
A+ A-
JAKARTA - Setelah sempat tertunda, PD Pasar Jaya melaksanakan Groundbreaking tempat penampungan sementara (TPS) Pasar Blok G Tanah Abang, Jakarta Pusat, Rabu (24/4/2019). Pembangunan TPS dilakukan di sebelah lahan Pasar Blok G sesuai kesepakatan dengan pedagang..

Direktur Utama PD Pasar Jaya, Arief Nasrudin mengatakan, disepakati pembangunan TPS di sebelah pasar Blok G. Sebelumnya, dipilih di lahan milik PT KAI namun tidak respons lebih lanjut.

Kemudian, Pasar Jaya berencana menggunakan lahan PT Astana Raharja tetapi pedagang pasar Blok G menolak karena merasa kejauhan.



Untuk opsi ketiga adalah di lokasi Pasar Blok F yang letaknya berada di sisi kanan pasar. Akan tetapi opsi ini juga tidak ada kata sepakat dengan pedagang sehingga dicarikan lagi opsi lainnya.

"Jadi Alhamdulillah hari ini kita groundbreaking TPS nya, setelah tertunda," kata Arief Nasrudin di lokasi Groundbreaking, Rabu (24/4/2019).

Adapun di lokasi pasar saat ini karena menyesuikan dengan lokasi dan bentuk pasar maka akan dibangun dua lokasi penampungan.

Pada bangunan TPS A akan ada 4 lantal yang terdiri dari lantai 1 sampai lantai 3 masing-masing luasan bangunannya 560 meter persegi dan masing lantai ada 109 kios sehingga totalnya ada 327 kios.

Sementara itu di lantai empat, berupa bangunan luasan 200 meter persegi saja yang akan digunakan sebagai musala, kantor pasar dan fasilitas lainnya.

Sedangkan untuk di TPS B, TPS dibangun 3 lantai yang luasannya masing-masing 210 meter persegi, namun bedanya di lantai 1 akan ada 60 kios, lantai 2 ada 58 kios dan lantai 3 ada 62 kios.

Untuk rencana pengerjaan pembangunan TPS sendiri diperkirakan akan memakan waktu kurang lebih 12 bulan pelaksanaan. Adapun rencana biaya pembangunan pasar duperkirakan akan memakan blaya kurang lebih sekitar Rp32 miliar.

"Kami ingin pembangunan TPS ini bisa segera direalisasikan sehingga pembangunan pasar Blok G Tanah Abang yang sudah direncanakan lama bisa terlaksana," harapnya.
(ysw)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak