alexametrics

Dihadiri Anies Baswedan, Dinsos Bagikan Kartu Lanjut Usia di JIC

loading...
Dihadiri Anies Baswedan, Dinsos Bagikan Kartu Lanjut Usia di JIC
Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan hadiri pembagian Kartu Lanjut Usia di JIC, Jakarta Utara. Foto/Okto Rizki Alpino/SINDOnews
A+ A-
JAKARTA - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mengadakan pembagian Kartu Lansia Jakarta (KLJ) di Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Al Amanah, Kompleks Jakarta Islamic Center (JIC), Jakarta Utara.

Ketua Panitia Pelaksana dari Dinas Sosial (Dinsos) DKI Jakarta Tarmijo Damanik dalam sambutannya mengatakan, bansos BKD melalui KLJ mulai dilaksanakan 2018. Sesuai dengan peraturan gubernur nomor 193 Tahun 2017 tentang pemberian bantuan sosial, untuk pemenuhan kebutuhan dasar bagi lanjut usia.

"Adapun lansia yang dapat menerima KLJ adalah lansia yang tidak dapat memenuhi kebutuhan dasarnya, karena faktor tertentu, sehingga hidupnya sangat tergantung dengan orang lain," ujar Tarmijo di lokasi pendistribusian KLJ, RPTRA Al Amanah, JIC, Jakarta Utara, Rabu (24/4/2019).



Kriteria lansia yang mendapatkan KLJ yakni telah berusia 60 tahun ke atas, ber KTP DKI Jakarta, tidak memiliki penghasilan tetap atau tidak mampu memenuhi kebutuhan dasar, terlantar secara psikis dan sosial, sakit telah menahun dan atau hanya dapat terbaring di tempat tidur, dan yang paling utama adalah telah terdaftar dan ditetapkan dalam basis data terpadu, program penanganan fakir miskin.

Damanik melanjutkan, tahun 2019 tersedia anggaran untuk bansos BKD lansia sebesar dua ratus sembilan puluh satu miliar enam belas juta delapan ratus ribu, yang dialokasikan untuk empat puluh ribu empat ratus sembilan belas lansia penerima manfaat. Sesuai dengan keputusan gubernur nomor 377 tahun 2019 tentang penetapan penerima KLJ tahun 2019.

Penerima KLJ selama tahun 2019 sebanyak empat puluh ribu empat ratus sembilan belas ini tersebar di lima wilayah, 4 kota administrasi dan 1 kabupaten.

"Jakarta Utara 8.061 orang. Jakarta Timur 12.094, Jakarta Selatan 6.802, Jakarta Barat 5.028, Jakarta Pusat 8.062, Kepulauan Seribu 1.372," kata Tarmijo.Acara pembagian KLJ itu juga dihadiri oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan beserta jajarannya di Pemprov DKI Jakarta.
(mhd)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak