alexametrics

Quick Count Konsepindo: Jokowi-Maruf 53,9%, Prabowo-Sandi 46,1%

loading...
Quick Count Konsepindo: Jokowi-Maruf 53,9%, Prabowo-Sandi 46,1%
Dua pasangan capres dan cawapres yang bertarung di Pilpres 2019, Jokowi-Ma'ruf dan Prabowo-Sandi. Foto/Dok/SINDOnews
A+ A-
JAKARTA - Lembaga survei Konsep Indonesia (Konsepindo) memastikan pasangan Calon Presiden (Capres) Joko Widodo (Jokowi)-KH Ma'ruf Amin menang dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019. Hal itu disampaikan Veri Muhlis Arifuzzaman selaku Direktur Eksekutif Konsepindo Research and Consulting dalam rilisnya, Jumat (19/4/2019).

Dari data suara yang masuk dalam hitung cepat yang dilakukan Konsepindo hingga Jumat (19/4/2019) sudah mencapai 98,55 persen. Dengan perolehan suara Jokowi-Amin mencapai 53,9 persen, sedangkan Prabowo-Sandiaga memeroleh 46,1 persen.

"Dari data ini, sebenarnya sudah bisa mengetahui siapa yang bakal jadi pemenangnya," kata Veri.



Lebih jauh Veri menilai, bahwa pertarungan Pilpres 2019 ini layaknya adalah pertarungan ulang pada Pilpres 2014, di mana Jokowi melawan Prabowo. Namun bedanya, pada 2014, posisi Prabowo maupun Jokowi sama-sama baru dan belum pernah menduduki kursi presiden.

"Dulu masih 0-0 poinnya, karena sama-sama baru. Kalau sekarang ini, kan Pak Jokowi itu sudah memimpin, menunjukkan hasilnya, ada perubahan yang dirasakan. Jadi bedanya remach itu faktor penentunya adalah suara dari undecided voters," pungkasnya.

Dalam hitung cepat yang dilakukan Konsepindo, populasi surveinya adalah seluruh TPS se-Indonesia yang tersebar di 34 Provinsi. Setiap unit populasi (TPS) mempunyai kesempatan yang sama untuk terpilih menjadi unit sampel utama.

Jumlah TPS sampel ditetapkan sebanyak 2.000 TPS. Sampel dipilih menggunakan metode multistage random sampling. Diperkirakan margin of error sebesar ± 1 persen, pada tingkat kepercayaan 99 persen.

Quality control terhadap hasil wawancara dilakukan sebesar 20 persen dari total sampel dengan cara monitoring dan pendampingan saat wawancara dan spotcheck pasca survei.
(mhd)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak