Miliki Konsep Naturalisasi Sungai, Mat Peci Siapkan Spot Percontohan

Minggu, 14 April 2019 - 14:29 WIB
Miliki Konsep Naturalisasi Sungai, Mat Peci Siapkan Spot Percontohan
Miliki Konsep Naturalisasi Sungai, Mat Peci Siapkan Spot Percontohan
A A A
JAKARTA - Pemerhati Lingkungan sekaligus ketua Komunitas Masyarakat Peduli Ciliwung (Mat Peci) Usman Firdaus mengatakan, pihaknya sudah memiliki konsep naturalisasi . Langkah awal, Mat Peci menyiapkan spot percontohan yang akan mengembalikan fungsi ekosistem sungai secara natural.

"Naturalisasi menurut kami, memanfaatkan sumberdaya kawasan sungai dengan prinsip kearifan lokal dan sesuai kondisi sungai di daerah tersebut,"
ujar Usman saat dihubungi SINDOnews, Minggu (14/4/2019).

Adapun pengembalian sejumlah bangunan menjadi asal seperti pepohonan, menurut Usman terlalu ekstrim. (Baca Juga: Anies Diminta Segera Jalankan Program Naturalisasi Sungai)

"Kalau ini mungkin agak ekstrem karena belum ada kemauan keras dan keseriusan para pihak untuk mewujudkannya. Ego sektoral, ego wilayah dan kesadaran untuk bekerjasama belum tercipta," tambahnya.

Dalam kesempatan itu, ia mengajak Gubernur Anies beserta jajaran untuk menyusuri Sungai Ciliwung melihat kondisi di lapangan. (Baca Juga: Hari Ciliwung, Anies Ingin Kembalikan Ekosistem Sungai Menjadi Natural)

"Ayo kita jalan susuri Ciliwung biar lihat secara langsung apa yang harus mereka kerjakan. Susur dari titik nol DKI di Srengseng Sawah, lokasi awal kita Sekolah Sungai Ciliwung Mat Peci sampe Basecamp kita di Carrefour MT Haryono Cawang biar lihat kondisinya," terangnya.

Lebih lanjut, Usman menuturkan, bahwa Mat Peci sedang menyiapkan titik percontohan naturalisasi. "Untuk program naturalisasi versi Mat Peci kita kembalikan fungsi ekosistem sungai selayaknya sebagai sungai. Ada flora fauna sesuai kearifal lokal sungai. Sedang kami siapkan spot percontohannya di sekolah sungai Ciliwung," tutupnya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8172 seconds (0.1#10.140)