Penanganan Masalah Kerusakan Lingkungan di DKI Dinilai Kurang Serius

Minggu, 14 April 2019 - 11:27 WIB
Penanganan Masalah Kerusakan Lingkungan di DKI Dinilai Kurang Serius
Penanganan Masalah Kerusakan Lingkungan di DKI Dinilai Kurang Serius
A A A
JAKARTA - Pemerhati Lingkungan sekaligus ketua Komunitas Masyarakat Peduli Ciliwung (Mat Peci) Usman Firdaus mengaku belum terlalu detail mengetahui konsep naturalisasi yang digagas Gubernur DKI Anies Baswedan.

"Saya belum baca secara detail pergub beliau yang baru tapi saya punya ide konsep naturalisasi," kata Usman ketika dihubungi SINDOnews, Minggu (14/4/2019).

Ia juga menjelaskan, sebelumnya pihaknya meminta kepada gubernur sebelumnya untuk tidak membeton beberapa ruas sungai Ciliwung. (Baca Juga: Dipertanyakan Banyak Pihak, Begini Konsep Naturalisasi Sungai ala Anies)

"Saya pernah usul ke pak Ahok kalau ruas Condet, ruas Tanjung Barat sampai Srengseng Sawah jangan dibeton. Tapi tetap dipertahankan konsep natural," jelasnya.

Menurutnya, sudah banyak yang dilakukan oleh Mat Peci dalam menjaga kelestarian lingkungan. Khususnya, kealamian dari Sungai Ciliwung.

"Kalau lihat pergub, beberapa pasal yang dikemukakan sudah banyak kita lakukan. Cuma pihak pemprov, pemkot, pusat kurang perhatian sama kita," katanya.

Namun, perhatian dari Pemerintah Daerah maupun Pemerintah Pusat dianggap belum serius. Oleh karena itu, Usman berharap kepada para pemangku kepentingan bisa segera mengatasi kerusakan lingkungan. (Baca Juga: Hari Ciliwung, Anies Ingin Kembalikan Ekosistem Sungai Menjadi Natural)

"Kalau saya amati dan sejak bertahun-tahun kita berkegiatan penanganan masalah kerusakan lingkungan kurang serius bang," katanya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4967 seconds (0.1#10.140)