Peluang Ridwan Kamil Menang di Pilgub Jakarta Dinilai Kecil

Kamis, 13 Juni 2024 - 10:27 WIB
loading...
Peluang Ridwan Kamil Menang di Pilgub Jakarta Dinilai Kecil
Peluang mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menang di Pilgub Jakarta 2024 dinilai kecil. Foto/Dok SINDOnews/Suparjo Ramalan
A A A
JAKARTA - Peluang mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menang di Pilgub Jakarta 2024 dinilai kecil. Pria yang akrab disapa RK atau Kang Emil itu diyakini bakal kalah melawan eks Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

"Ridwan Kamil akan lebih bagus, lebih punya potensi menang itu di Jawa Barat," kata Pengamat politik dari Universitas Al-Azhar Indonesia Ujang Komarudin, Kamis (13/6/2024).

Karena, kata dia, elektabilitas Ridwan Kamil untuk Pilgub Jawa Barat (Jabar) 2024 besar. Keuntungan lainnya, lanjut Ujang, RK merupakan petahana alias incumbent.

"Punya investasi politik, sudah dikenal, ya Jawa Barat jadi tempat yang cocok untuk dia maju," ungkapnya.

Sedangkan Pilgub Jakarta, menurut Ujang, menjadi tantangan baru bagi Ridwan Kamil. Ujang mengatakan, Ridwan Kamil berkontribusi apa pun buat warga Jakarta.

"Tidak punya potensi investasi politik, maka wajar elektabilitasnya rendah (untuk Pilgub Jakarta, red). Apalagi yang akan jadi lawannya adalah Anies, itu sulit, agak berat," kata Ujang.

Maka itu, dia menilai Pilgub Jawa Barat menjadi tempat paling cocok untuk Ridwan Kamil maju bertarung.

"Yang paling bagus adalah jika Ridwan Kamil tidak mau mengeluarkan energi untuk menang ya di Jawa Barat, karena tempat dia di sana, kalau di Jakarta potensi tumbangnya besar, karena kalau melawan Anies bisa kalah," pungkasnya.

Diketahui, berdasarkan hasil survei yang dilakukan SMRC pada 27 Mei-2 Juni 2024, Ridwan Kamil mendapat dukungan tertinggi, yakni 52,2% dalam simulasi pilihan semi terbuka dengan daftar 27 nama calon Gubernur Jabar.

Selanjutnya disusul Dedi Mulyadi dengan raihan 28,9%, Deddy Mizwar 3,8%, Dede Yusuf 1,9%, serta nama-nama lain di bawahnya. Ada 1,4% yang belum menjawab.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0868 seconds (0.1#10.140)
pixels