alexametrics

Jumlah Personel Pengamanan Debat Capres Pamungkas Berkurang, Kenapa?

loading...
Jumlah Personel Pengamanan Debat Capres Pamungkas Berkurang, Kenapa?
Foto: Ilustrasi/SINDOnews/Dok
A+ A-
JAKARTA - Debat capres pamungkas akan digelar di Hotel Sultan, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Sabtu (13/4/2019) malam ini. Ribuan personel gabungan akan dikerahkan guna mengamankan jalannya debat.

"Debat sesuai jadwal KPU dilaksanakan di Hotel Sultan pukul 20.00 WIB sampai selesai. Personel yang kami kerahkan ada 3.000 orang," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Argo Yuwono, kepada wartawan, Sabtu (13/4/2019).

Jumlah personel pengamanan pada debat kelima ini berkurang jauh dari sebelumnya. Pada saat Debat Capres keempat yang digelar di Hotel Shangri La akhir Maret lalu, sebanyak 5.000 personel gabungan dikerahkan guna mengamankan debat.



Demikian juga saat Debat Capres ketiga yang berlangsung di Hotel Sultan. Saat itu jumlah petugas pengamanan yang dikerahkan juga sebanyak 5.000 personel gabungan.

Menurut Argo, sebangak 3.000 personel itu terdiri atas unsur TNI, Polri, dan dibantu jajaran Pemprov DKI Jakarta. Adapun pengamanan polanya dilakukan sebayak empat ring.

Ring pertama, kata dia, di dalam area debat, yang mana bakal dijaga langsunt oleh Paspampres. Ring kedua dilakukan di luar area debat tapi masih di dalam Hotel Sultan. Ring dua akan dijaga tim gabungan TNI dan Polri.

"Ring tiga di pintu masuk, dan ring empat berkaitan pengaturan arus lalu lintas, yang mana dijaga oleh TNI dan Polri," tandasnya.

Terkait rekayasa lintas, sama seperti saat kampanye pasangan nomor urut 01, Joko Widodo-Ma'ruf Amin, di SUGBK, Tanah Abang, Jakarta Pusat, siang ini. Sebab lokasi debat dan tempat kampanye saling berdekatan.
(thm)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak