alexametrics

Dukung Jokowi, Relawan Koper Beri Pelatihan ke UMKM Perempuan di Depok

loading...
Dukung Jokowi, Relawan Koper Beri Pelatihan ke UMKM Perempuan di Depok
Ketua Umum Relawan Kelompok Perempuan (Koper) UMKM 4.0 Nita Yudi saat bersama Joko Widodo di acara Deklarasi Koper UMKM 4.0 for Jokowi-Amin di Bogor, Jawa Barat. Foto: Ist
A+ A-
DEPOK - Relawan Kelompok Perempuan (Koper) UMKM 4.0 organ pendukung Calon Presiden (Capres) Nomor Urut 01, Joko Widodo (Jokowi)-KH Ma'ruf Amin untuk kesekian kalinya melakukan kampanye positif dengan menggelar pelatihan dan pembekalan bagi Wanita Pra Sejahtera.

Dalam kegiatan ini, relawan Koper UMKM memberikan pelatihan dan pembinaan bagaimana membuat bakso dan pempek di Kota Depok. Selain memberikan pelatihan, relawan Koper UMKM juga menyosialiasikan program Presiden Jokowi yaitu program Mekaar yang merupakan bentuk perhatian pemerintah terhadap kaum perempuan, khususnya wanita pra-sejahtera yang mau berusaha.

Termasuk pembiayaan ultra mikro yang merupakan program tahap lanjutan dari program bantuan sosial menjadi kemandirian usaha. Program ini menyasar usaha mikro di lapisan terbawah, yang belum bisa difasilitasi perbankan melalui program Kredit Usaha Rakyat (KUR).



"Kami memberikan pelatihan dan binan pada hari ini sesuai arahan calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo yang waktu deklarasi Maret lalu hadir kepada relawan Koper UMKM," ujar Ketua Umum Koper UMKM, Nita Yudi, Sabtu (13/4/2019).

Menurut dia, Presiden Jokowi akan terus mengkampanyekan dan mengajak Wanita Pra Sejahtera mau berusaha agar kemiskinan di Indonesia terus berkurang. Merujuk data Badan Pusat Statistik (BPS), pada September 2018 angka kemiskinan Indonesia turun menjadi 9,66% atau setara dengan 25,67 juta penduduk. "Dengan adanya UKM baru, kami optimis kemiskinan di Indonesia terus berkurang," tegasnya.

Nita menyebut, dalam pelatihan ini pihaknya mengajarkan kepada para perempuan cara melakukan pemasaran yang baik melalui online maupun offline. Termasuk cara membuat desain yang baik agar menarik minat pembelinya. Selain di Depok, kata dia, pelatihan ini sudah dilaksanakan di beberapa kota di Indonesia. Relawan dan jaringan Koper UMKM 4.0 sudah menyebar hampir di seluruh wilayah Indonesia.

"Di semua provinsi sudah ada, melalui kampanye ini sangat banyak manfaatnya bagi masyarakat dan kami yakin Jokowi-Ma'ruf Amin menang karena dalam lima tahun terakhir ini, perhatian yang besar dari Jokowi untuk UMKM, juga para pengusaha perempuan. Kami mendapat kemudahan dan bantuan dalam permodalan, juga pemasaran. Semoga bapak jadi presiden lagi, dan dukungan terhadap kami bisa lebih dahsyat lagi untuk bersama menuju Indonesia yang lebih maju,” papar Nita.

Nita menambahkan, relawan Koper UMKM 4.0 berharap Presiden Jokowi menyelesaikan pekerjaan rumahnya agar perempuan UMKM Indonesia menjadi lebih tangguh dan berdaya saing. "Semua ini untuk ekonomi keluarga menuju Indonesia Maju, Indonesia Optimis," ucapnya.
(thm)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak