Ini Kata Psikolog Soal Penculikan Bocah 3 Tahun di Bekasi

Kamis, 11 April 2019 - 00:18 WIB
Ini Kata Psikolog Soal Penculikan Bocah 3 Tahun di Bekasi
Ini Kata Psikolog Soal Penculikan Bocah 3 Tahun di Bekasi
A A A
DEPOK - Para orang tua diminta untuk tidak lalai menjaga dan mengawasi anaknya. Kelalaian orang tua bisa berakibat fatal, seperti kasus penculikan terhadap Anisa Suci Ardiwibowo bocah berusia 3 tahun di Bintara, Bekasi Barat, Kota Bekasi.

Psikolog dari Universitas Pancasila (UP), Aully Grashinta menilai balita yang diculik di Bekasi ada pengaruh kelalaian orang tua. Karena anak seusia itu masih harus berada pada pengawasan penuh orang tua.

Artinya tanggung jawab terhadap keselamatan anak ada pada orang tua. "Kalau ini sebenarnya ya karena kelalailan orangtuanya saja. Anak 3 tahun kan sebenarnya masih harus di dalam pengawasan orang tua atau orang dewasa lain," kata Ully pada SINDOnews Rabu (10/4/2019).

Dia mengingatkan bahwa kejahatan bisa terjadi di mana saja dan kapan saja. Sehingga orangtua benar-benar tidak boleh lengah. "Meski di daerah yang sudah dikenal atau sudah biasa tetap anak harus dalam pengawasan agar tidak terjadi kecelakaan ataupun kejahatan," paparnya.( Baca: Terekam CCTV, Bocah Tiga Tahun Diculik Perempuan Misterius di Bekasi )

Menurutnya, sistem kemasyarakatan kita saat ini sangat terbuka pada orang asing. Apalagi musala yang boleh siapa saja datang. Hal itu berpengaruh pada pengawasan masyarakat juga menjadi lemah. "Jadi jangan sampai lengah, harus tetap waspada. Kewaspadaan dan kehati-hatian harus ditingkatkan," pungkasnya.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6638 seconds (0.1#10.140)