alexametrics

Transjakarta Hentikan Angkut Penumpang dari Pondok Cabe-Lebak Bulus

loading...
Transjakarta Hentikan Angkut Penumpang dari Pondok Cabe-Lebak Bulus
Bus Transjakarta S-41 Pondok Cabe-Tanah Abang mengalihkan rute setelah didemo ratusan sopir angkot 106 di Tangsel.Foto/SINDOphoto/Dok
A+ A-
JAKARTA - Rute baru bus Transjakarta tujuan Pondok Cabe-Tanah Abang, diprotes sopir angkot 106, Parung-Lebak Bulus dan D15, Pamulang-Lebak Bulus. Para sopir angkot menilai keberadaan bus berbadan bongsor itu membuat para penumpang mereka beralih menggunakan bus Transjakarta.

Kepala Bagian Hubungan Masyarakat BPTJ Budi Rahardjo mengatakan, telah sepakat untuk tidak menarik dan menurunkan penumpang dari Pondok Cabe hingga ke Lebak Bulus, dan sebaliknya."Kali ini kita mediasi antara angkot D15 dan 106, dengan Transjakarta. Intinya, angkot mau bekerja sama dengan Transjakarta," kata Budi kepada SINDOnews pada Senin (8/4/2019).

Namun, lanjut dia, seperti apa bentuk kerja samanya, masih akan ada pembahasan lagi. Untuk sementara, sampai ada kerja sama itu, BPTJ akan menghentikan aktivitas bus Transjakarta untuk menarik dan menurunkan penumpang.



"Sambil menunggu proses berjalan, Transjakarta hanya beroperasi dari Pondok Cabe sampai Tanah Abang. Tetapi tidak mengangkut penumpang di luar terminal Pondok Cabe-Lebak Bulus," ujarnya.

Dengan demikian, Transjakarta hanya bisa mengangkut dan menurunkan penumpang di Terminal Pondok Cabe dan Lebak Bulus. Di luar itu, penumpang tidak bisa naik turun.

Menurut Budi, seperti daerah lain, bentuk kerja sama yang akan dicapai adalah dengan menjadikan angkot yang rutenya dilewati Transjakarta akan dijadikan angkutan pengumpan. "Kemungkinan nanti bentuk kerja samanya adalah seperti halnya yang terjadi di tempat lain di wilayah lain, itu angkot kan sebagai feeder untuk Transjakarta. Jadi mereka itu seharusnya segmentasinya lain," jelasnya.

Sementara itu, Petrus Paranginangin, sopir sekaligus pemilik angkot D-106 mengatakan, sebelum ada kerja sama, Transjakarta dilarang mengangkut penumpang."Transjakarta tidak beroperasi, melayani penumpang dari sini sampai Lebak Bulus. Begitu juga sebaliknya, sebelum ada kerja sama. Mereka sudah sepakat, sampai nanti ada kerja sama dengan angkot," jelasnya.

Terpisah, Pengawas Transjakarta rute Pondok Cabe-Tanah Abang, Saidin menambahkan, akan mengubah haluan sementara dengan tidak melewati jalur Cirendeu seperti operasi biasanya. "Sementara kita hindari Cirendeu, jadi nanti lewat Universitas Islam Negeri (UIN) Ciputat. Untuk sementara, kita tolak dulu penumpang dari sini, buat menghindari hal-hal tidak diinginkan," sambung Saidin.

Disetopnya Transjakarta mengangkut dan menurunkan penumpang dari Terminal Pondok Cabe hingga ke Lebak Bulus ditanggapi kecewa oleh para penumpang. Seperti dikatakan Fifi Sofi, mahasiswa asal Politeknik Sahid. Menurutnya, keberadaan bus Transjakarta tujuan Pondok Cabe-Tanah Abang, sangat membantunya. Dirinya pun, berharap cepat beroperasi lagi.
(whb)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak