Update: Tambah 12, Total Kasus Positif Covid-19 di Bogor 457 Orang

Kamis, 20 Agustus 2020 - 21:57 WIB
loading...
Update: Tambah 12, Total Kasus Positif Covid-19 di Bogor 457 Orang
Foto/Ilustrasi/SINDOnews
A A A
BOGOR - Dalam dua hari terakhir penambahan kasus positif di Kota Bogor per hari rata-rata 12 orang. Sehingga total kasus positif Covid-19 di Kota Bogor mencapai 457 orang.

Juru Bicara Pemkot Bogor untuk Siaga Corona Sri Nowo Retno menyebutkan, penambahan kasus baru hari ini sebanyak 12 orang, sembuh 4 orang dan masih dalam pengawasan bertambah 8 orang. ( )
"Sehingga total kasus positif Covid-19 di Kota Bogor mencapai 457 orang, dengan rincian meninggal 26 orang, selesai atau sembuh 247 orang dan masih sakit atau positif aktif hingga saat ini sebanyak 184 orang," kata Sri Nowo Retno yang biasa disapa Retno yang juga menjabat sebagai Kepala Dinas Kesehatan Kota Bogor, Kamis (20/08/2020).

Lebih lanjut ia merinci dari 12 orang yang dinyatakan positif itu sebagian besar adalah laki-laki sebanyak 9 orang, sisanya perempuan sebanyak 3 orang. "Kecamatan Tanah Sareal dan Bogor Utara penambahannya masing-masing 3 orang. Bogor Selatan dan Bogor Timur masing-masing 2 orang, dan sisanya sebanyak 2 orang tersebar kecamatan Bogor Tengah dan Bogor Barat," ungkapnya.

Sementara itu, untuk kasus dengan kategori kontak erat (Orang Tanpa Gejala) total sebanyak 1.161 orang, discarded alias selesai 954 orang dan masih dalam karantina sebanyak 207 orang. "Sedangkan untuk kasus dengan kategori suspek (Orang Dalam Pengawasan dan Pasien Dalam Pengawasan) total 2373 orang, tediri dari meninggal 36 orang, discarded 2.253 orang, masih sakit 84 orang," ungkapnya.

Menyikapi terus melonjaknya kasus Covid-19, Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto, langsung menggelar apel Siaga Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) dilaksanakan di beberapa lokasi di Kota Bogor. ( )Bima Arya memimpin apel tersebut. Ia mengajak semua warga untuk bersama-sama berikhtiar memutus rantai penyebaran Covid-19 dan lebih waspada dengan disiplin menjalankan protokol kesehatan.

"Sekarang kita sedang menjalani ujian, di Kota Bogor angka Covid-19 naik dengan penularan di keluarga terus bertambah dan yang paling banyak angka positif adalah Kelurahan Semplak, ada 35 yang terkonfirmasi positif terpapar Covid-19," katanya.

Kepada semua, ia kembali mengingatkan agar membersihkan diri terlebih dahulu sebelum masuk ke dalam rumah. Dengan membersihkan diri, diharapkan warga yang sebelumnya beraktivitas diluar tidak membawa virus Covid-19 dari luar dan menularkan kepada anggota keluarganya.

Kepada semua warga dan elemen di Kelurahan Semplak khususnya dan Kota Bogor umumnya, Bima Arya mengingatkan dan mengajak untuk merapatkan barisan serta meyakinkan agar lebih disiplin dalam menerapkan 3M (Memakai masker, Mencuci tangan dan Menjaga jarak).

"Kita sama-sama berjuang secara all out agar secepatnya dan sesegera mungkin Kelurahan Semplak bebas Covid-19. Kita mohon pertolongan Allah SWT agar kita semua diberi kekuatan. Cukup 35 orang saja, jangan nambah lagi," sebut Bima Arya didampingi Camat Bogor Barat, Lurah Semplak dan unsur Muspika Bogor Barat.

Kepada Detektif Covid-19, unit lacak dan unit pantau dengan bimbingan dan pengawasan pimpinan Muspika Bogor Barat, Bima Arya memerintahkan untuk melakukan monitoring kondisi di lapangan dan selamatkan sebanyak mungkin warga yang sehat.

Sebelum memimpin apel siaga, Bima Arya menyempatkan diri mengunjungi kediaman salah seorang pasien yang tengah menjalani isolasi mandiri di Rt. 01 Rw 03 Kelurahan Semplak, dengan tetap memperhatikan dan menjaga jarak.

Hal yang sama dilakukannya usai apel. Ia dan jajarannya mengecek kondisi warga dan kawasan yang merupakan zona merah. Apel Siaga AKB juga dilaksanakan di Kantor Kelurahan Tegallega, Kecamatan Bogor Selatan. Taman Bermain RW 4 Kelurahan Empang, Kecamatan Bogor Selatan.

Lapangan Perumahan Kedung Badak - Kelurahan Kedung Badak, Kecamatan Tanah Sareal. Kantor Kelurahan Katulampa, Kecamatan Bogor Timur dan Kantor Kelurahan Bantarjati, Kecamatan Bogor Utara.
(mhd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1866 seconds (0.1#10.140)