Berdiri di Atas Saluran Air, Puluhan Bangunan Liar Ditertibkan

Kamis, 20 Agustus 2020 - 19:05 WIB
loading...
Berdiri di Atas Saluran Air, Puluhan Bangunan Liar Ditertibkan
Para pemilik membongkar sendiri bangunan liar. Foto/Dok/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Puluhan bangunan liar yang berdiri di atas saluran air Kelurahan Penjaringan, Jakarta Utara, ditertibkan. Penertiban 20 bangunan liar yang berada wilayah RT 15 RW 8 ini dilakukan sebagai langkah antisipasi banjir dengan masuknya musim hujan.

"Tepatnya di Jalan Tanjung Wangi depan sekolah PSKD. Ada sebanyak 20 bangunan. Untuk panjangnya diperkirakan panjangnya 200 meter. Kita tertibkan dalam upaya menghadapi masuknya musim hujan," kata Lurah Penjaringan Suharsono saat dikonfirmasi, Kamis (20/8/2020).

Sebelum melakukan penertiban, Suharsono mengatakan, jika pihaknya sudah terlebih dahulu melakukan sosialisasi kepada para penghuni bangunan liar. "Kita sudah lakukan sebanyak tiga kali imbauan. Terakhir kita lakukan minggu lalu agar pemilik bangunan segera membenahi, karena keberadaannya menyalahi aturan," ujarnya.

Untuk membantu warga membenahi bangunan liar tersebut, Suharsono menambahkan, pihaknya menurunkan 25 orang petugas gabungan. "Untuk jumlah petugas gabungan tersebut Satpol PP sebanyak 20 orang dan dibantu 5 orang petugas PPSU" tuturnya.

Sementara untuk pemiliknya bangunan, Suharsono menyatakan, pemiliknya merupakan warga sekitar. "Jadi dibantu Satpol PP dan PPSU mereka dengan sadar mengangkut barang-barang miliknya dari lokasi tersebut," tambahnya. (Baca Juga: Viral, Polisi Telusuri APD Dibuang ke Selokan di Jagakarsa)

Rencananya setelah selesai melakukan penertiban, Kelurahan Penjaringan akan berkoordinasi dengan UKPD terkait untuk segera melakukan pengerukan lumpur atau melakukan pelebaran trotoar. (Baca Juga: Picu Kerumunan, Perbaikan Saluran Air di Pasar Kemirimuka Diminta Disetop)
(mhd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1232 seconds (0.1#10.140)