Pemkot Jakut Ingin Manfaatkan Kolong Tol Jadi Ruang Terbuka Publik

Minggu, 31 Maret 2019 - 16:11 WIB
Pemkot Jakut Ingin Manfaatkan Kolong Tol Jadi Ruang Terbuka Publik
Pemkot Jakut Ingin Manfaatkan Kolong Tol Jadi Ruang Terbuka Publik
A A A
JAKARTA - Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Utara memastikan akan mencarikan solusi terbaik terkait penggunaan kolong Tol Pluit yang terbakar kemarin. Langkah pertama yang dilakukan yakni dengan mengumpulkan jajaran pengelola tol yang beroperasi di Jakarta Utara.

Wali Kota Jakarta Utara, Syamsuddin Lologau mengatakan, pihaknya akan mengumpulkan jajaran pengelola untuk berdiskusi terkait pemanfaatan kolong tol. Sehingga ke depannya kolong tol dapat bermanfaat bagi kebutuhan publik.

"Nanti kita akan diskusikan kembali untuk mencari solusi pemanfaatan kolong tol ini," kata Syamsuddin saat meninjau kolong Tol Dalam Kota, RT07/16 Kelurahan Pejagalan, Penjaringan, Jakarta Utara, Minggu (31/3/2019).

Dijelaskannya, pemanfaatan kolong tol ini harus dilakukan secara komprehensif dengan melibatkan berbagai pihak. Termasuk melibatkan warga sekitar sehingga dapat bermanfaat bagi kebutuhan publik.

"Tentu selain pengelola tol, kami juga akan meminta masukan berbagai element masyarakat supaya bagaimana kolong Tol ini bermanfaat bagi masyarakat," jelasnya. (Baca Juga: Kebakaran Padam, Jalan Tol Pluit Kembali Dibuka Lalin Padat
Dia menerangkan, salah satu rencana pemanfaatan kolong tol ini dengan menjadikannya sebagai ruang ke-tiga. Ruang publik yang berfungsi menjadi tempat interaksi, edukasi hingga rekreasi bagi masyarakat sekitar.

Sedikitnya terdapat tujuh lokasi ruang ke-tiga yang akan dibangun di wilayah Jakarta Utara. Satu di antaranya Taman Maju Bersama (TMB) yang akan dibangun di kolong Tol Lingkar Luar (Jakarta Outer Ring Road), Kelurahan Kalibaru, Cilincing, Jakarta Utara.

"Untuk mencari solusi ini kan harus dilakukan secara komprehensif. Tidak bisa dari satu pihak saja, tapi juga harus melibatkan swasta dan masyarakat juga," tutupnya. (Baca Juga: Paska Kebakaran, Jalan Tol Dalam Kota Aman Dilintasi(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9202 seconds (0.1#10.140)