alexametrics

3 Pencuri Rumah Kosong Gasak Barang Berharga Senilai Rp350 Juta

loading...
3 Pencuri Rumah Kosong Gasak Barang Berharga Senilai Rp350 Juta
Tim Buser Polresta Depok mencocok tiga orang pencuri rumah kosong. Karena melawan, satu pelaku terpaksa ditembak di kakinya. Koran SINDO/R Ratna Purnama
A+ A-
DEPOK - Tim Buser Polresta Depok mencocok tiga orang pencuri rumah kosong. Karena melawan, satu pelaku terpaksa ditembak di kakinya.

Ketiga pelaku berinisial TR (29), DW (26), dan JM. TR adalah eksekutor, sedangkan DW adalah Joki. Dan JM adalah penadah. Ketiganya dicokok di tempat berbeda. TR diamankan di kawasan Cimpaeun Tapos Depok. Sedangkan DW diamankan di Tebet, Jakarta Selatan. Kemudian diamankan juga JM yang merupakan penadah.

Komplotan ini diketahui mencuri di sebuah rumah di Jalan Cakung, Leuwinanggung, Tapos pada Minggu (17/3). Mereka mengincar rumah kosong dan memastikan dengan cara mengamati beberapa waktu. Dengan menggunakan motor, pelaku mengincar rumah kosong. TR masuk ke rumah, dan DW berjaga di luar.



"TR lihat ada tas di meja kerja, isinya uang, 10 unit HP, gelang, jam tangan dan barang berharga lainnya dengan total kerugian korban mencapai Rp350 juta. Kemudian mereka langsung kabur dan menjual barang tersebut ke JM," kata Wakil Kapolresta Depok AKBP Arya Perdana, Kamis (28/3/2019).

Pengakuan pelaku, mereka sudah tiga kali beraksi. Dari ketiga lokasi berbeda mereka mengincar rumsong di Depok dan luar Depok. "Keterangan mereka itu dua kali di daerah Citereup, dan sekali di daerah Depok. Otaknya ya si TR ini yang berperan jadi eksekutor," ungkap Arya.

Pelaku pun dijerat pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan. "Ancaman hukuman di atas tujuh tahun penjara," ucapnya.

TR mengaku terakhir kali membobol rumah kosong di Jalan Cakung, Leuwinanggung, Tapos, dua pekan lalu. Di sana dia mengambil uang asing dan benda berharga lain. Dia menggasak 10 unit HP, gelang dan jam tangan. Dia juga menggasak uang asing berupa dollar. Hasil curian kemudian dibelikan motor sport. "Nggak tahu ada berapa uangnya. Tapi saya belikan motor harga Rp70 juta," kata TR.

Dari hasil curian itu dia juga bisa membeli banyak barang mahal. Serta masih ada uang sisa kejahatan sebanyak Rp30 juta. Sehari-hari TR adalah seorang penjaga konter pulsa. Dia mengaku penghasilan per bulan tidak cukup. "Uangnya (gaji) ngga cukup buat beli barang-barang mahal," tutupnya.
(wib)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak