alexametrics

Kasus Ibu Bunuh Anak Kandung Dihentikan, Polisi: Pelaku Sakit Jiwa

loading...
Kasus Ibu Bunuh Anak Kandung Dihentikan, Polisi: Pelaku Sakit Jiwa
Foto: Ilustrasi/SINDOnews/Dok
A+ A-
JAKARTA - Proses hukum terhadap Lisa (22), pelaku pembunuhan terhadap anak kandungnya, SH (3), dihentikan. Alasan polisi, pelaku dinyatakan mengalami gangguan jiwa oleh tim dokter RS Polri Kramat Jati.

Ibu muda ini sebelumnya tega menganiaya anak kandungnya yang masih berusia tiga tahun hingga tewas. SH tewas dengan sejumlah luka tusuk senjata tajam di tubuhnya.

Penganiayaan dilakukan Lisa di rumah kontrakannya di Jalan Cakung Barat, RT 002/09, Kelurahan Cakung Barat, Kecamatan Cakung, Jakarta Timur, pada Kamis, 28 Februari 2019 malam. (Baca juga: Tega, Ibu Muda Tusuk Balita 3 Tahun hingga Tewas)



Kanit Reskrim Polsek Cakung AKP Tom Sirait mengatakan, proses hukum terhadap Lisa yang menusuk SH sebanyak empat kali di bagian dahi dan satu di dada, sudah resmi dihentikan. Sebab sesuai aturan, orang yang mengidap gangguan jiwa tidak dapat diadili.

"Sesuai UU proses hukumnya tidak dilanjutkan. Tim dokter yang memeriksa menyatakan kalau saat membunuh anaknya dia sudah mengalami gangguan kejiwaan," ujarnya, Kamis (28/3/21019). (Baca juga: ART di Tangsel Bekap Bayi yang Baru Dilahirkannya hingga Tewas)

Menurut Tom, Apabila Lisa tidak dinyatakan mengalami gangguan jiwa, setidaknya dia bakal dijerat Pasal 80 Ayat 3 dan 4 UU Nomor 35/2015 tentang Perlindungan Anak, juncto Pasal 351 Ayat 3 KUHP tentang Penganiayaan. Adapun Lisa saat ini dirawat di Rumah Sakit Jiwa Duren Sawit, Jakarta Timur.

Diketahui, sebelum ditemukan tewas dengan tubuh tertutup kain basah, SH sekitar pukul 15.00 WIB masih riang bermain dengan teman sebayanya. Dia baru masuk ke rumah pukul 14.30 WIB dan akhirnya ditemukan tewas pukul 18.30 WIB oleh warga tanpa adanya bercak darah di tubuh, kasur, dan di lantai.

"Pas sore anaknya masih main-main, sekitar jam setengah 4 dia masuk kontrakan. Habis itu, pas warga masuk jam setengah tujuh anaknya tergeletak di atas kasur. Si Lisa di kamar mandi nyender cuman pakai celana dalam," tutur Nia (27), satu tetangga kontrakan Lisa.

SH kini telah dimakamkan di satu pemakaman umum yang berjarak tak sampai setengah jam dari kontrakannya di Kampung Baru, Gang Jenggot, Kelurahan Cakung Barat.
(mhd,thm)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak