alexametrics

Fasilitas Park and Ride MRT Lebak Bulus Siap Digunakan

loading...
Fasilitas Park and Ride MRT Lebak Bulus Siap Digunakan
Pemprov DKI Jakarta pastikan fasilitas park and ride pendukung layanan MRT di Depo Lebak Bulus siap dioperasikan sebelum MRT beroperasi akhir Maret ini. Foto/SINDOphoto/Isra Triansyah
A+ A-
JAKARTA - Pemprov DKI Jakarta pastikan fasilitas park and ride pendukung layanan Mass Rapid Transit (MRT) di Depo Lebak Bulus siap dioperasikan sebelum MRT beroperasi akhir Maret ini. Fasilitas park and ride pendukung MRT diprioritaskan di kawasan Lebak Bulus dan Fatmawati, Jakarta Selatan.

Pelaksana Tugas (PLT) Kepala Dinas PerhubunganDKI Jakarta, Sigit Wijatmoko mengatakan untuk mendukung operasional MRT tentunya harus ada fasilitas layanan parkir, integrasi angkutan umum dan perluasan trayek. Untuk layanan park and ride, dominannya berada di kawasan Lebak Bulus-fatmawati lantaran menjadi pintu gerbang masuk ke Jakarta.

"Kalau di tengah kota kita hanya siapkan layanan angkutan umum saja," ujar Sigit Wijatmoko saat dihubungi, Kamis (21/3/2019).



Sigit menjelaskan, area park and ride yang tengah disiapkan saat ini berada di lahan eks Kavling Polri persis di sisi selatan Stasiun MRT Lebak Bulus. Selain sudah dipagari, pemasangan alat mulai dari gate sampai ticketing sudah terpasang. Nantinya, park and ride juga berada di lahan milik Jakarta Tourisindo dan pull Lorena Di Jalan Kartini.

Area parkir di Lebak Bulus dapat menampung sebanyak 500 unit sepeda motor dan sebanyak 150 unit mobil. Terkait tarif yang dibebankan, pihaknya masih mengacu pada Peraturan Gubernur (Pergub) DKI Jakarta Nomor 31 Tahun 2017 tentang Tarif Layanan parkir, Denda Pelanggaran Transaksi dan Biaya Penderekan atau pemindahan kendaraan bermotor.

"Tarifnya Rp2.000 untuk motor dan Rp5.000 untuk mobil. Tarif itu flat untuk seharian," jelasnya.

Adapun sistem pembayaran, lanjut Sigit, nantinya menggunakan uang elektronik milik PT MRT yang juga digunakan untuk naik MRT yakni kartu jelajah. Menurutnya ini merupakan bagian dari pelayanan, sekalian semakin mengenalkan MRT kepada masyarakat.

"Tujuannya memastikan park and ride yang disediakan pakai tarif khusus agar tidak menjadi parkir inap atau garasi untuk masyarakat sekitar," pungkasnya.

Diketahui sebelumnya, total ada 13 Stasiun MRT yang terbentang dari wilayah Jakarta Selatan sampai Jakarta Pusat. Seluruh stasiun tersebut, yakni Stasiun Lebak Bulus, Fatmawati, Cipete Raya, Haji Nawi, Pasar Blok A, Blok M, Sisingamangaraja, Senayan, Istora, Bendungan Hilir, Setiabudi, Dukuh Atas, Bundaran HI.
(kri)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak