Kriminolog: Remaja Sekarang Cari Keberanian Ketimbang Kebijaksanaan

Senin, 18 Maret 2019 - 22:01 WIB
Kriminolog: Remaja Sekarang Cari Keberanian Ketimbang Kebijaksanaan
Kriminolog: Remaja Sekarang Cari Keberanian Ketimbang Kebijaksanaan
A A A
JAKARTA - Duel ala gladiator yang melibatkan dua anak di bawah umur di Kota Bogor hingga menyebabkan seorang tewas, menandakan banyak remaja sekarang ini yang belum bisa berpikir panjang dan kerap menghadapi tantangan secara frontal.

Mereka beranggapan duel adalah salah satu cara termudah untuk menunjukkan keberanian. "Keberanian di kalangan remaja seringkali lebih dihargai daripada kebijaksanaan. Jadi itulah yang mereka lakukan," ujar kriminolog Universitas Indonesia (UI) Ferdinand Andi Lolo, Senin (18/3/2019).

Dalam suatu kelompok, keberanian seseorang bisa menentukan posisi. Sebab dianggap dapat mendatangkan rasa hormat dan segan kepada pemiliknya. "Ini yang ada di pemikiran mereka sehingga mereka lakukan apa yang membuat mereka merasa dihargai," paparnya. (Baca juga: Janjian di Facebook, Duel ala Gladiator Tewaskan ABG di Bogor)

Mengenai hukuman, dia menyarankan agar diberikan perlakuan khusus sesuai UU Perlindungan Anak. Aspek rehabilitasi harus lebih diperhatikan ketimbang aspek hukuman.

Dia menyarankan sebagai salah satu bentuk hukumannya adalah pelaku harus mengunjungi sekolah dan komunitas remaja dan menjelaskan buruknya kelakuan seperti yang dia lakukan. (Baca juga: Duel ala Gladiator Tewaskan ABG, Psikolog: Anak Sekarang Gampang Emosi)

"Karena remaja biasanya mendengar remaja. Jadi apa yang mereka bicarakan akan bisa lebih didengar oleh remaja lainnya. Lalu harus ada semacam kompensasi dari orang tua pelaku kepada orang tua korban," pungkasnya.
(poe)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5440 seconds (0.1#10.140)