Berdiri di Badan Kali, Masjid Jami' Al Istiqomah Mampang Depok Akan Direlokasi

Selasa, 28 Mei 2024 - 11:36 WIB
loading...
Berdiri di Badan Kali, Masjid Jami Al Istiqomah Mampang Depok Akan Direlokasi
Sekda Kota Depok, Supian Suri menyatakan bahwa Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) telah menyetujui rencana relokasi Masjid Jami Al-Istiqomah yang berdiri di atas badan kali licin, Mampang, Pancoran Mas, Depok. FOTO/MPI/REFI SANDI
A A A
DEPOK - Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Depok, Supian Suri menyatakan bahwa Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) telah menyetujui rencana relokasi Masjid Jami' Al-Istiqomah yang berdiri di atas badan Kali Licin, Mampang, Pancoran Mas, Depok. Relokasi bertujuan untuk memperlancar arus lalu lintas dan arus air di simpang Mampang yang kerap macet dan banjir itu.

"Beberapa poin tadi saya dapat di sini dan alhamdulillah dengan kebesaran hati kebesaran jiwa pengurus DKM untuk merelokasi kita yakin insyaAllah dengan beberapa langkah ini apa yang menjadi kondisi hari ini ke depan bisa selesaikan, termasuk merelokasi masjid dan membuat masjid di tempat baru, insyaAllah di Perempatan Mampang tadi menjadi arus lalu lintas yang lancar dan saluran air yang juga lancar, sehingga tak terjadi kondisi dialami seperti hari ini," kata Supian Suri kepada wartawan, Selasa (28/5/2024).

Supian menyebut relokasi Masjid Jami' Al-Istiqomah rencananya tidak jauh hanya berjarak sekitar 100 meter dari lokasi semula. Nantinya Pemkot Depok akan membeli lahan milik warga sekitar 1.000 meter.

"Tadi baru melihat dan atas persetujuan pengurus DKM tidak jauh dari lokasi masjid kurang lebih 100 meter ada lahan kosong yang memang masih milik warga kurang lebih 1.000 meter, kita bisa belanja untuk digunakan sebagai masjid. Nanti mekanismenya apakah ruslah area lahan hari ini nanti mekanisme teknis nanti kita bisa tempuh," ujarnya.

Lebih lanjut, Supian mengatakan Pemkot Depok berniat Jalan Raya Sawangan diperlebar meski berstatus Jalan Nasional.

"Betul tadi saya sampaikan kita punya niat, punya tekad Jalan Raya Sawangan harus punya dua jalur kalaupun mohon maaf ada penyebab banjir Masjid juga harus pindah apalagi ada dua hal yang menjadi permasalahan, pelebaran. Karena saluran air ini yang menyebabkan banjir juga menjadi salah satu penyebab," katanya.
(abd)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0839 seconds (0.1#10.140)
pixels