5 Kali Merampok dalam 1 Malam, Komplotan Begal Diciduk

Selasa, 05 Maret 2019 - 21:36 WIB
5 Kali Merampok dalam 1 Malam, Komplotan Begal Diciduk
5 Kali Merampok dalam 1 Malam, Komplotan Begal Diciduk
A A A
DEPOK - Tiga orang komplotan penodong ditangkap petugas Polresta Depok usai merampas ponsel milik driver ojek online. Satu dari tiga pelaku yakni, RZ (15) masih berstatus sebagai pelajar SMP.

Dua pelaku lainnya yang diciduk yakni, S (22) dan Y (20). Ketiganya beraksi pada 19 Februari 2019 lalu di Harjamukti, Cimanggis. Wakil Kapolresta Depok, AKBP Arya Perdana mengatakan, ketiganya diciduk pada Selasa (5/3/2019) dini hari.

Setelah memeriksa saksi, petugas akhirnya menangkap ketiga pelaku. "Mereka ini selalu bergerombol. Biasanya mengendarai motor berboncengan. Satu motor diisi dua orang," kata Arya pada wartawan.

Arya menuturkan, sebelum beraksi para pelaku terlebih dahulu menenggak minuman keras agar merasa lebih berani. Kelompok ini juga diketahui sudah sering melakukan penodongan.

Selain di Depok, mereka juga beraksi di luar wilayah. Bahkan pada 19 Februari kemarin mereka sampai tiga kali beraksi dalam malam yang sama. Di Depok saja mereka sudah lima kali beraksi.

"Kemungkinan lebih dari lima kali, ini yang masih kami dalami. Kami masih lakukan penyelidikan sambil mengejar pelaku yang masih DPO. Pelaku yang diburu ini merupakan otak komplotan penodongan tersebut," tuturnya

S, salah satu pelaku mengatakan, nekat membegal karena alasan ekonomi. Uang hasil kejahatan digunakan untuk membeli susu anak yang masih balita. "Saya kerja sebagai tukang parkir tapi uangnya enggak cukup buat beli susu anak. Anak saya masih enam bulan," ujarnya.

Dalam semalam komplotan ini bisa merampas tiga ponsel. Kemudian dijual seharga Rp2 juta. Uangnya pun dibagi-bagi. "Malam itu dapat tiga HP dijual Rp2 juta dibagi-bagi. Saya dapat Rp700.000," ucapnya.

Kini para pelaku mendekam di sel dan akan dijerat Pasal 368 KUHP tentang Pencurian dengan Kekerasan yang ancamannya hukuman 9 tahun penjara.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8584 seconds (0.1#10.140)