Kebakaran Kapal Nelayan di Muara Baru Tak Pengaruhi Pasokan Ikan

Selasa, 26 Februari 2019 - 14:40 WIB
Kebakaran Kapal Nelayan di Muara Baru Tak Pengaruhi Pasokan Ikan
Kebakaran Kapal Nelayan di Muara Baru Tak Pengaruhi Pasokan Ikan
A A A
Kendati puluhan kapal nelayan terbakar beberapa waktu lalu, Dinas Kelautan Pertanian dan Ketahanan Pangan DKI Jakarta memastikan DKI tidak akan kekurangan pasokan ikan.

Kepala Dinas Kelautan Pertanian dan Ketahanan Pangan (KPKP) DKI Jakarta, Darjamuni mengungkapkan proses penyelidikan masih dilakukan dengan menguatkan personel kepolisian bersama dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Republik Indonesia.

"Total kapal penangkapannya ikan ada 34 unit, tapi (kapal) didominasi ukuran 30 GT ke atas, jadi kewenangan di langsung di bawah Kementerian Kelautan dan Perikanan. Kami sifatnya hanya koordinasi saja," katanya kepada wartawan, Selasa (26/2/2019). (Baca Juga: Polisi Tunggu Hasil Labfor Kebakaran Kapal Ikan di Muara Baru)

Meski demikian, Darjamuni mengakui pertemuan dengan perusahaan, khusus soal nasib ratusan ABK-nya (Anak Buah Kapal) telah dilakukan. Pihak Perusahaan, lanjutnya, akan memberikannya santunan selama mereka (ABK) belum bisa bekerja.

Sependapat dengan Riswanto, Darjamuni memastikan kebakaran hebat menimpa puluhan kapal nelayan tak mempengaruhi pasokan ikan ke wilayah Ibu Kota. Hanya untuk jumlah pasokanya, Darjamuni mengakui adanya penurunan.

"Ada pengurangan, tapi tidak signifikan. Karena memang pasokan ikan wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya itu didominasi dari Muara Angke," ungkapnya.

Sekalipun menurun, namun Darjamuni memastikan tidak ada penurunan harga ikan. Stok tercukupi, membuat harga ikan tak melambung tinggi.

Terpisah, Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Argo Yuwono mengungkap untuk mengungkapkan nilai kerugian. Kini pengurasan kolam dilakukan seiring dengan dicatatnya jumlah kapal yang terbakar.

"Ini kita sedang mengambil airnya karena banyak air di dalam kapal. Setelah air terkuras semuanya, baru nanti Labfor akan turun ke dek, di dek mesin akan melihat mulanya kebakaran seperti apa, percikan api seperti apa," tutup.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4889 seconds (0.1#10.140)