Kapal Nelayan Terbakar, DKPKP Enggan Bantu ABK Bukan Warga DKI

Senin, 25 Februari 2019 - 18:51 WIB
Kapal Nelayan Terbakar, DKPKP Enggan Bantu ABK Bukan Warga DKI
Kapal Nelayan Terbakar, DKPKP Enggan Bantu ABK Bukan Warga DKI
A A A
JAKARTA - Dinas Kelautan, Pertanian, dan Ketahanan Pangan (DKPKP) DKI Jakarta enggan membantu Anak Buah Kapal (ABK) yang kapalnya terbakar di Pelabuhan Muara Baru, Penjaringan, Jakarta Utara, Sabtu 23 Februari 2019. Pasalnya ABK itu bukan warga DKI Jakarta.

"Enggak, justru yang tadi kalau ABK-nya benar warga DKI, kita biasanya memperhatikan. Tapi itu juga sebagian besar warga bukan warga DKI nelayannya dan ABK-nya," kata Kepala DKPKP DKI Jakarta Darjamuni di Jakarta, Senin (25/2/2019).

Meskipun begitu, dia masih akan menunggu hasil investigasi tim. Tim investigasi menyelidiki penyebab kebakaran dan data diri para nelayan.

"Tapi nanti saya mau lihat dulu hasil akhir. Mereka sudah investigasi bekerja sama dengan polsek di sana. Ketahuan nanti ada berapa nelayan asalnya dari mana. Tapi kemarin sudah kita koordinasi semua pemilik kapal untuk memperhatikan ABK nya jangan sampai terlantar dan ditekel langsung sama perusahaan," katanya.

Dia juga menuturkan, tim tengah berusaha menghitung jumlah kerugian yang mengakibatkan puluhan kapalnelayan itu hangus.

"Itu yang lagi dihitung. Karena satu kapal itu ada sampai Rp4 miliar. Itu yang lagi dihitung Muara Baru. Karena alat tangkap cukup mahal. Jadi dihitung dulu semua kerugian," tutupnya.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6165 seconds (0.1#10.140)