alexametrics

Pemkot Jaksel Siapkan Rp900 Juta untuk Bangun 32 Pintu Air

loading...
Pemkot Jaksel Siapkan Rp900 Juta untuk Bangun 32 Pintu Air
Foto/Ilustrasi/SINDOnews
A+ A-
JAKARTA - Suku Dinas Sumber Daya Air (SDA) Jakarta Selatan tahun ini akan membangun pintu air di 32 titik. Pintu tersebut memiliki fungsi mengatur lalu lintas air agar tidak terjadi antrean saat debit air mulai naik.

Kasi Pembangunan Sudin SDA Jakarta Selatan, Didi Sugandhi mengatakan, pintu air akan dibuat di tujuh titik wilayah Kecamatan Jagakarsa, dua titik di Kecamatan Pasar Minggu, dua titik di Kecamatan Tebet, 19 titik di Kecamatan Pesanggrahan, dan dua titik di Kecamatan Setiabudi. "Ada 32 titik PHB sudah disurvei dan diperkirakan mulai Maret pembangunannya," kata Didi pada Minggu (24/2/2019).

Beberapa titik yang telah disurvei yakni di saluran PHB Kali Cabang Tengah, Jagakarsa terdapat dua titik. Dan di saluran PHB Batu Belah di Jalan Batu Belah samping RPTRA Cendikia. "Pagu anggaran untuk 32 pintu air tersebut sebesar Rp900 juta," ujarnya.



Sementara, Satpel Sumber Daya Air (SDA) Kecamatan Pasar Minggu, Jakarta Selatan, melakukan pembersihan saluran penghubung (PHB) di Jalan Siaga Raya, RW 04, Kelurahan Pejaten Barat. Lumpur dan sampah diangkat untuk menambah daya tampung saluran.

Kasatpel SDA Pasar Minggu, Chairul Anwar mengatakan, panjang saluran yang dibersihkan mencapai 20 meter. Bukan hanya sedimen, aliran saluran pun dibersihkan dari puing turap yang rusak. "Kita mulai membersihkan saluran dari reruntuhan, lalu mengurasnya," tegasnya.

Koordinator Lapangan Satpel SDA Pasar Minggu, Didi Supriadi menambahkan, saluran air ini mengalir dari PHB Unas mengarah ke saluran PHB Kali Sarua yang berada di Pejaten Barat. “Lebar saluran 70 cm, kedalaman 60 cm.

Hari ini dibersihkan dan dikuras dari puing. Senin mendatang bisa diputuskan apakah turapnya menggunakan Uditch, atau batu belah, sebab kondisi turap juga sudah rusak, kemungkinan besar kita pakai Uditch," ucapnya.
(whb)
preload video
loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak