alexametrics

Ribuan Anak Alami Gangguan Mata, Tangsel Jalin Kerjasama dengan Optik

loading...
Ribuan Anak Alami Gangguan Mata, Tangsel Jalin Kerjasama dengan Optik
Sejumlah anak-anak sedang memeriksa mata di optik. Foto: dok/SINDOphoto
A+ A-
TANGERANG SELATAN - Ribuan anak-anak usia 6 bulan, hingga 5 tahun, di Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Banten, mengalami masalah mata. Untuk membantu anak-anak yang membutuhkan kacamata, Pemkot Tangsel akan bekerjasama dengan persatuan pengusaha optik agar bisa menyediakan kacamata murah dan terjangkau.

Plt Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangsel Deden Deni mengatakan, pihaknya bekerjasama dengan persatuan pengusaha optik, agar anak-anak mendapatkan kacamata murah terjangkau.

"Iya, bulan lalu, kita telah kerjasama dengan persatuan pengusaha optik. Saat ini saya lagi di provinsi dulu. Sasaran kita itu anak sekolah, SD se-Tangsel," katanya, kepada SINDOnews, Rabu (20/2/219).



Ditanya lebih jauh, terkait upaya dari Dinkes Tangsel dalam mengatasi permasalahan gizi mata pada anak-anak, dirinya mengaku baru berupaya memberikan vitamin A.

"Kalau data siswa SD yang pakai kacamata, adanya di Dindik Tangsel. Kalau di Dinkes, kita ada pemberian vitamin A untuk balita. Datanya berapa, harus lihat data dulu. Saat ini saya masih rapat di Banten," ungkapnya.

Sementara itu, Eka, salah seorang pengurus Posyandu Kenaga, di Pondok Aren, tampak sedang mengabsen dan mendata satu persatu ibu-ibu yang datang ke Posyandu.

"Ibu namanya siapa? Usia anaknya sekarang berapa, lahir tanggal berapa? Ayo ibu, ditimbang dulu anaknya," kata Eka, sambil memasukkan anak ke dalam kain sarung dan menimbangnya.

Dijelaskan dia, timbangan ini sangat penting untuk mengetahui dan mencocokkan berat badan anak, apakah sesuai dengan usianya atau tidak, sehat atau tidaknya anak itu.

"Ini merupakan acara penimbangan, dan pemberian vitamin A dari Posyandu Kenanga. Acara ini kita langsungkan di dua titik. Pertama di lingkungan RT 01/011, dan kedua di RT02/011," ungkap Eka lagi.

Dari sekira 150 anak usia 6 bulan, hingga 5 tahun yang ada di lingkungan RT01 dan 02/011, baru sekira 96 orang tua yang datang menimbang, dan memberi vitamin anak-anak mereka di Posyandu Kenanga.

Ditambahkan dia, kegiatan penimbangan dan pemberian vitamin A ini, dilakukan rutin tiap enam bulan sekali, pada Februari, dan Agustus. Untuk memberi keseimbangan gizi mata pada anak, agar tidak menjadi rusak.

"Vitamin A diberikan untuk anak usia 6 bulan sampai 5 tahun. Vitamin ini berfungsi untuk mempertajam penglihatan anak. Tiap 6 bulan sekali, setiap Februari dan Agustus, pemberian vitamin A ini wajib," tukasnya.
(ysw)
preload video
loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak