Pesan Berantai Perluasan ETLE di Pondok Gede, Polisi Pastikan Itu Hoaks

Rabu, 20 Februari 2019 - 16:02 WIB
Pesan Berantai Perluasan ETLE di Pondok Gede, Polisi Pastikan Itu Hoaks
Pesan Berantai Perluasan ETLE di Pondok Gede, Polisi Pastikan Itu Hoaks
A A A
JAKARTA - Sebuah pesan berantai tentang peringatan adanya uji coba perluasan program Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) atau tilang elektronik di Jakarta beredar di aplikasi WhatsApp. Ditlantas Polda Metro memastikan pesan berantai tersebut merupakan berita bohong atau hoaks.

Dalam pesan berantai itu menyebutkan titik-titik mana saja yang akan dilakukan uji coba. Pesan berantai itu menyebutkan perluasan terjadi di kawasan Jakarta Barat dan Jakarta Timur. Contohnya, di lampu merah Grogol, Jakarta Barat dan di kawasan Pondok Gede, Jakarta Timur.

Menanggapi itu, Wakil Dirllantas Polda Metro Jaya, AKBP Made Agus menegaskan, informasi tersebut tidak benar adanya alias hoaks. Maka itu, polisi mengimbau masyarakat tidak termakan berita bohong tersebut.

Polisi, kata dia, memang ada rencana melakukan perluasan ETLE, tapi sampai saat ini uji coba di lokasi lain itu belum dilakukan karena kurangnya kamera.
"Tidak benar itu. Pesan berantai itu hoaks. Belum ada uji coba di tempat yang disebutkan dalam pesan berantai," ujarnya pada wartawan, Rabu (20/2/2019).

Namun, polisi tetap mengimbau para pengendara bisa tertib berlalu lintas walau ETLE belum diterapkan diseluruh Ibu Kota. Kesadaran tertib berlalu lintas menurutnya perlu terus dilakukan agar mengurangi tingkat kecelakaam di jalan dan membantu mengurai kemacetan.

Berikut bunyi pesan berantai yang ternyata hoaks itu:
INFO:
Yang melintas di Jalan Raya Pondok Gede Kel.Lubang Buaya :
Besok ada uji coba tilang e-CCTV.
Berikut daftar Jl yang akan diuji coba antara lain:
- Jl.Monumen Pancasila Sakti
- Gg.langgar
- Jl. Pangeran Syarif
- Jl. Gaber
- Jl. Andong
- Jl. Yusufiyah
- Jl. Bacang 1 s/d 3
- Jl. Gorda
- Jl. Veteran
- Jl. Gardu

Berhentilah di belakang garis Lampu TL.Hati hati dengan kecepatan ketika lampu TL sdh menyala warna kuning. Karena sensor CCTV akan me-ngezoom saat lampu kuning menyala. Mungkin jg dibeberapa wilayah atau tempat lain.

Jangan lupa juga Utk TemanĀ² yang kerja atau perjalanan ke *lubang buaya dan sekitarnya* informasi mulai bulan maret akan dipasang ratusan CCTV di tempat2 yang rawan pelanggaran Lalu Lintas seperti Traffic Light maupun tempat lain.

Tujuan pemasangan CCTV tersebut adalah utk menangkap secara detail visual para pelanggar Lalin selanjutnya akan dilakukan penilangan secara elektronik dan dikirim surat kerumah alamat sesuai Nopol bahkan CCTV tersebut dpt menangkap gambar wajah dan nopol secara jelas. Khususnya rekan2 jika berhenti dilampu merah jangan melebihi *Stop Line* lebih baik ambil belakangnya Stop Line.

Bahwa CAMAT CIPAYUNG, LURAH LUBANG BUAYA akan menggandeng kerja sama Satlantas POLRES JAKTIM, Kejaksaan Negeri , Pengadilan Negeri dan FORKABI Lubang Buaya, FBI, CIA, Secret Service maupun instansi lain.Mari bersama -sama tertib Lalu Lintas di jalan dg Motto *Keselamatan Sebagai Kebutuhan No 1.*
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3292 seconds (0.1#10.140)