alexametrics

Anies Ajak Masyarakat Lestarikan dan Kembangkan Keberagaman Budaya

loading...
Anies Ajak Masyarakat Lestarikan dan Kembangkan Keberagaman Budaya
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat menghadiri Festival Pecinan 2019.Foto/SINDOnews/Komaruddin Bagja Arjawinangun
A+ A-
JAKARTA - Pemprov DKI Jakarta mengajak seluruh warga Ibu Kota untuk melestarikan dan mengembangkan keberagaan budaya di Jakarta. Ini dilakukan agar generasi berikutnya ikut menjaga budaya mereka.

Ajakan Pemrov DKI Jakarta untuk melestarikan dan mengembangkan keberagaman budaya ini disampaikan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dalam acara Festival Pecinan 2019 di Jalan Pantjoran Petak Sembilan, Glodok, Jakarta Barat, kemarin. Kedatangan Anies bersama jajaran Pemerintah Kota Jakarta Barat langsung disambut oleh Perhimpunan Indonesia Tionghoa (Inti DKI Jakarta) sebagai penyelenggara acara.

Dalam kesempatan tersebut, Anies kembali menyampaikan ucapan Tahun Baru Imlek 2570 sekaligus berpesan agar Festival Pecinan seperti ini terus diadakan setiap tahunnya sebagai salah satu pengembangan kebudayaan di Jakarta.
“Izinkan saya mengucapkan Selamat Tahun Baru Imlek. Ini merupakan perayaan tahunan yang harus dilanggengkan karena merupakan bagian dari kebudayaan Jakarta,” tutur Anies.



Mantan Mendikbud itu juga mengungkapkan, Jakarta adalah kota global sejak dahulu, karena di kota ini berkumpul bangsa-bangsa dunia, baik dari China, Arab, India dan lainnya.“Jakarta adalah kota global dan sejarah mencatat bagaimana warga Betawi mampu menyerap dan menerima setiap budaya yang masuk dengan ramah sehingga terjadi persenyawaan kebudayaan,” ungkapnya.

Oleh karena itu, guna terus menjaga eksistensi keberagaman budaya di Jakarta, maka ekspresi kebudayaan harus terus dikembangkan selaras perkembangan zaman. “Karena itu, kita berharap kebudayaan bukan hanya dilestarikan, tetapi harus dikembangkan, agar menjadi bagian masa kini dan masa depan. Sehingga, itu akan membuat generasi berikutnya ikut menjaga budaya mereka,” tambahnya.

Seperti diketahui, kawasan Pecinan Glodok telah hadir sejak awal tumbuhnya Kota Jakarta pada masa kolonial. Sejak saat itu sampai saat ini, kawasan yang kemudian menjadi pusat bisnis tertua dan terbesar di Ibu Kota ini, memberikan kontribusi signifikan bagi perkembangan dan pertumbuhan perekonomian Jakarta.

Berbagai kebutuhan masyarakat Jakarta, baik bahan pangan, sandang, alat kesehatan dan kebutuhan lainnya, termasuk berbagai pernak-pernik perayaan Tahun Baru Imlek selalu tersedia di kawasan ini.
(whb)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak