alexametrics

Jalan Kalimalang Mulai Diperbaiki, Lajur Arah Bekasi Ditutup Dua Pekan

loading...
Jalan Kalimalang Mulai Diperbaiki, Lajur Arah Bekasi Ditutup Dua Pekan
Perbaikan jalan berlubang di ruas Jalan KH Noer Ali atau Kalimalang, Bekasi Selatan. Foto/SINDOnews/Abdullah M Surjaya
A+ A-
BEKASI - Ruas Jalan KH Noer Alie atau Kalimalang, tepatnya di depan Metropolitan Mall (MM), Bekasi Selatan, Kota Bekasi, akhirnya diperbaiki setelah dua pekan menjadi kubangan. Perbaikan jalan rusak itu dilakukan mulai Senin (18/2/2019) ini oleh PT Kresna Kusuma Dyandra Marga (KKDM) selaku pemegang konsesi Tol Layang Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu).

”Mulai diperbaiki hari ini oleh pengelola Tol Becakayu,” ujar Kepala Dinas Perhubungan Pemkot Bekasi, Yayan Yuliana.

Ia membeberkan, terdapat dua tahap perbaikan pada ruas jalan yang mengarah ke Bekasi dan Jakarta itu. Pertama, perbaikan difokuskan di arus kendaraan yang mengarah ke Jakarta, dan kedua arus kendaraan yang mengarah ke Bekasi.



Selama perbaikan jalan rusak berlangsung, kata dia, satu lajur Kalimalang arah Jakarta ditutup selama sepekan. Nantinya pengendara yang datang dari arah Timur atau Jalan Mayor Hasibuan, dialihkan ke sisi Selatan Kalimalang atau depan MM.

”Dialihkan lewat Jembatan Bekasi Cyber Park (BCP) setelah persimpangan,” katanya. (Baca juga: Musim Hujan, Pemkot Bekasi Catat 40% Ruas Jalan Alami Kerusakan)

Menurut dia, rekayasa lalu lintas (lalin) ini dilakukan mengingat ada dua lajur arah Jakarta yang akan diperbaiki KKDM. Namun rekayasa lalin ini hanya berlaku dari simpang BCP sampai jembatan MM, karena setelah itu kendaraan dialihkan kembali ke Jalan Kalimalang.

Sedangkan untuk yang mengarah ke Bekasi, akan dilakukan penutupan total selama dua pekan atau selama memperbaiki dua lajur sekaligus. (Baca juga: Akibat Proyek Nasional Beban Jalan Kalimalang Bekasi Meningkat)

Bagi pengendara yang datang dari Jakarta menuju Bekasi dialihkan lewat jalur sebaliknya. Sementara pengendara yang datang dari arah Bekasi menuju Jakarta dialihkan kembali lewat sisi Selatan Kalimalang.

”Penutupan ini dimulai 4 Maret 2019 selama dua pekan penuh. Karena selain perbaikan jalan, pelaksana proyek akan melakukan keperluan konstruksi Tol Layang Becakayu di sana,” jelasnya.

Untuk itu, ia berharap masyarakat Kota Bekasi bisa bersabar dengan kondisi perbaikan dan pembangunan Tol Becakayu disepanjang Jalan Kalimalang tersebut. (Baca juga: Proyek Tol Becakayu, Jalan Kalimalang Bekasi Akan Dibuat Satu Arah)

Kabid Lalu Lintas, Dinas Perhubungan Kota Bekasi, Johan Budi Gunawan, menambahkan, perbaikan jalan diawali dengan penyesuaian oprit atau elevasi jembatan BCP pada Sabtu (16/2) lalu.

”Jembatan BCP ini yang awalnya untuk kendaraan arah Selatan menuju Utara menjadi sebaliknya karena akan dilintasi dari pengendara ke sisi Selatan Kalimalang,” ucapnya. (Baca juga: Musim Penghujan, Ruas Jalan di Jakarta Rawan Rusak akibat Genangan Air)

Apabila tidak ada kendala, kata dia, maka progres perbaikan ruas Jalan Kalimalang akan selesai pada Minggu 11 Maret 2019. Artinya, Senin 12 Maret 2019 arus kendaraan kembali normal dan pengendara dari dua arah akan leluasa melintasi ruas Jalan Kalimalang.

Segala biaya perbaikan dan pengadaan fasilitas tanggung jawab KKDM. Menurut Denny Subanof selaku pemimpin proyek Tol Layang Becakayu, perbaikan ruas jalan ini dilakukan sebagai bentuk tanggung jawab KKDM akibat keberadaan pembangunan Tol Layang Becakayu. ”Kami perbaiki karena sebagai komitmen kita dengan pemerintah daerah,” pungkasnya.
(thm)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak