alexametrics

Anies Tandatangani Peresmian 7 Sarana Olahraga Senilai Rp93 Miliar

loading...
Anies Tandatangani Peresmian 7 Sarana Olahraga Senilai Rp93 Miliar
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.Foto/SINDOnews/Dok
A+ A-
JAKARTA - Pemprov DKI Jakarta telah menuntaskan sejumlah pekerjaan pembangunan gelanggang remaja Kecamatan dan rehabilitasi prasarana olahraga di beberapa wilayah Ibu Kota. Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan meresmikan secara simbolis dengan menandatangani tujuh prasasti di Gelanggang Remaja Kecamatan Matraman, Jalan Balai Rakyat No.1, Jakarta Timur, pada Jumat (15/2/2019).

Anies berharap, keberadaan gelanggang remaja dan prasarana olahraga yang representatif, berstandar internasional, serta ramah bagi kaum difabel di Kota Jakarta ini dapat meningkatkan komitmen bersama untuk membangun prestasi olahraga, pengembangan seni budaya dan karya pemuda Jakarta. Diharapkan, sarana dan prasana ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh seluruh warga Jakarta dengan biaya yang terjangkau, serta menjadi wadah interaksi antar warga Jakarta yang dapat menumbuhkan kebiasaan-kebiasaan baik.

“Alhamdulillah, kita baru saja meresmikan 7 fasilitas kegiatan olahraga, seni, budaya dan juga untuk kegiatan remaja secara umum. Ini harus bisa menjadi tempat untuk warga berinteraksi lintas umur dan lintas kegiatan. Tempat ini harus terjangkau untuk semuanya. Nanti pembiayaannya dan lainnya menjadi tanggung jawab pemerintah. Masyarakat, (yaitu) anak-anak sekolah, bisa menggunakannya secara cuma-cuma. Ini bagian dari proses pembelajarannya. Kebiasaan tertib, rapi, menghormati, dan menaati aturan, itu semua harus ditumbuhkan di tempat ini,” kata Anies.



Anies ingin agar sarana dan prasarana terus dikembangkan dan dikelola dengan profesional, serta perlu dirawat dan dipelihara bersama dengan melibatkan masyarakat maupun para pemangku kepentingan di Jakarta.“Pengelolaannya harus penuh dengan inovasi, sehingga GOR ini tidak menjadi tempat yang membosankan. Harus ada terobosan, karena itu para pengelolanya harus mengelola ini dengan penuh inovasi. Libatkan masyarakat, ajak masyarakat untuk ikut berpartisipasi dengan ide gagasan. Lalu, tempat ini juga harus dikelola dengan profesional, bersih, rapih, dan tertib. Harapannya, (juga bisa) dimanfaatkan oleh para atlet untuk bisa berlatih di tempat ini secara reguler,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi DKI Jakarta (Dispora) Ratiyono memaparkan, Dispora DKI Jakarta pada kegiatan Tahun Anggaran 2018 melaksanakan pembangunan di tujuh lokasi di Jakarta, yaitu;
pembangunan gelanggang remaja Kecamatan Matraman, Kecamatan Cilandak, Kecamatan Pancoran, Kecamatan Pademangan, gelanggang olahraga Pondok Bambu, rehabilitasi gedung serbaguna Radin Inten dan pembangunan lampu Stadion Sepakbola GOF Sunter. "Anggarannya mencapai Rp93.657.606.933," katanya.

Ratiyono berharap, keberadaan fasilitas berstandar internasional ini akan menjadi penunjang keberhasilan pelaksanaan festival olahraga rakyat sepanjang tahun. Namun, yang paling utama adalah seluruh komponen masyarakat baik dari atlet, pemuda, lansia, anak-anak maupun disabilitas dapat memanfaatkan sebaik-baiknya untuk meningkatkan prestasi, potensi, kapasitas, partisipasi dan produktivitas.
(whb)
preload video
loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak