alexametrics

Perkumpulan Betawi Kita Berharap MH Thamrin Jadi Nama Stadion

loading...
Perkumpulan Betawi Kita Berharap MH Thamrin Jadi Nama Stadion
Seminar bertemakan 'Dari Stadion VIJ menuju Stadion MH Thamrin: Thamrin Memulai, Anies Baswedan Mewujudkan' diadakan di Blok G Lantai 22, Gedung Balai Kota Jakarta, pada Jumat (15/2/2019). Foto/Istimewa
A+ A-
JAKARTA - Perkumpulan Betawi Kita akan menggelar Festival 125 Tahun MH Thamrin yang akan dilaksanakan besok, Sabtu 16 Februari 2019. Dalam seminar itu, Betawi Kita berharap agar Pemprov DKI mengabadikan nama MH Thamrin menjadi nama stadion yang akan dibangun Pemprov DKI di lahan Taman BMW, Sunter Jakarta Utara.

Dalam seminar di Balai Kota DKI Jakarta, dibahas bagaimana perjalanan perjuangan MH Thamrin yang menjadi salah satu penggagas klub VIJ (Voertbalbond Indonesia Jacatra) pada tahun 1928 yang kemudian menjadi Persija pada tahun 1942.

Sebagai pelindung VIJ, MH Thamrin menyumbangkan 2.000 gulden dari kantong pribadinya dalam pembangunan lapangan sepak bola berstandar internasional yang saat ini dikenal sebagai lapangan VIJ di Jalan Petojo VI, Cideng, Gambir, Jakarta Pusat.



"(Kegiatan) ini salah satu bentuk dukungan kami dan usulan kami supaya Stadion (Persija) nanti diberi nama Mohammad Husni Thamrin," ujar Ketua Perkumpulan Betawi Kita, Roni Aldi dalam konferensi pers di Balai Kota DKI, Jumat (15/2/2019).

"Semua tahu kalau Thamrin tidak hanya sebagai pahlawan nasional, beliau tidak hanya berbicara tentang kampung dan nasib orang kampung, kemiskinan maupun tentang politik. Tapi, beliau juga seorang yang berjuang untuk mendukung persepakbolaan di Tanah Air. Dan pada saat itu, sepak bola sebagai salah satu alat perjuangan politik," ujarnya.

Festival 125 Tahun MH Thamrin sendiri akan dimeriahkan dengan pameran foto 'Sejarah VIJ hingga Persija: MH Thamrin, Politik dan Sepak Bola Kebangsaan', Bazaar, Senam Bersama, Lomba Stand Up Comedy, berbagai pertunjukan kesenian khas Betawi, dan pertandingan sepak bola. Kegiatan ini akan berlangsung sejak pagi hingga sore hari dan mendapatkan dukungan penuh dari Pemprov DKI Jakarta.

"Untuk besok, kita mengadakan Festival 125 Tahun MH Thamrin langsung di lapangan sepak bola VIJ di Cideng. Besok kita akan mengadakan senam untuk acara paginya. Dan ada pertandingan sepak bola persahabatan antara Persija Oldstars dengan warga kampung feat dengan pak Gubernur dan pak Sekda. Jadi, kita ingin menunjukkan keberpihakan kepada warga kampung yang harus dibela oleh pemerintahan sekarang," kata Roni.
(ysw)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak