alexametrics

Kali Bekasi Tercemar, PDAM Tirta Patriot Tak Hentikan Produksi

loading...
Kali Bekasi Tercemar, PDAM Tirta Patriot Tak Hentikan Produksi
Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM). Foto/Ilustrasi/Istimewa
A+ A-
BEKASI - Walaupun Kali Bekasi tercemar, Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Patriot tidak menghentikan produksi. Sebab, pasokan air untuk warga sekitar masih aman.

"Kalau pun memang limbahnya berbahaya, paling kami atasi dengan cara menurunkan bahan baku produksi air bersih dari Kali Bekasi," kata Kasubbag Humas PDAM Tirta Patriot, Uci Indrawijaya di Bekasi, Jawa Barat, Rabu (13/2/2019).

Namun, kata dia, bila terjadi pencemaran di Kali Bekasi, pihaknya mengambil bahan baku dari suplemasi Kalimalang sebesar 3 kubik per detik. Sehingga, yang tadinya bahan baku Kali Bekasi sebanyak 5 kubik per detik maka dikurangi menjadi 2 kubik per detik.



"Kami sudah koordinasi dengan pihak Perusahaan Jasa Tirta II untuk air dari Kalimalang," kata Uci. (Baca juga: Tercemar, KLH Pastikan Kali Bekasi Tak Layak Dikonsumsi)

Kali Bekasi Tercemar, PDAM Tirta Patriot Tak Hentikan Produksi


Sementara pemandangan tercemar Kali Bekasi hampir dapat dijumpai setiap pekanya atau waktu hujan lebat di Bekasi. Air Kali Bekasi yang hulunya berasal dari Kabupaten Bogor ini permukaan airnya selalu berbusa tebal dan menimbulkan aroma tak sedap sehingga menyebabkan banyak ikan yang mabuk.

Pemandangan itu kerap dilihat KORAN SINDO di sisi utara Bendung Bekasi, Jalan Hasibuan, Kecamatan Bekasi Selatan. Di lokasi lainya, sejumlah ikan mabuk, tepatnya di saluran Rawatembaga. Saluran itu berasal dari Kali Bekasi untuk kepentingan irigasi dan komsumsi warga Bekasi.
(mhd)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak