alexametrics

Bangun Fasilitas Publik, Pemkab Bogor Ngarep Dana CSR Perusahaan

loading...
Bangun Fasilitas Publik, Pemkab Bogor Ngarep Dana CSR Perusahaan
Foto: Ilustrasi/SINDOnews/Dok
A+ A-
BOGOR - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor berencana memperbanyak ruang terbuka hijau, salah satunya dengan memperluas Taman Situ Plaza Cibinong di Jalan Raya Tegar Beriman, Cibinong, yang baru dibangun tahun lalu, Namun Pemkab Bogor sedang memutar otak agar pembangunan fasilitas publik itu tanpa uang negara.

Wakil Bupati Bogor Iwan Setiawan sudah meminta Badan Perencanaan Pembangunan Daerah dan Penelitian Pengembangan (Bappedalitbang) Pemkab Bogor agar tidak melulu mengandalkan uang negara dalam membangun taman publik tersebut.

"Jadi kami ingin menambah, bahkan memperluas ruang publik tanpa harus menggunakan uang negara. Salah satunya dengan meminta dana Corporate Social Responsibility (CSR) perusahaan-perusahaan yang ada di Kabupaten Bogor. Kita tahu sendiri perusahaan di Kabupaten Bogor itu banyak. Minta sajalah CSR-nya," jelas Iwan di Cibinong, kemarin.



Menurut dia, Taman Situ Plaza Cibinong sangat layak untuk diperluas. Sebab proyek ini sebagai bagian dari program Situ Front City Kabupaten Bogor yang sudah direncanakan 2017 silam, kemudian dibangun 2018. "Yang jelas kita akan berusaha banyak membangun taman dengan tanpa mengandalkan APBD atau APBN saja," jelasnya.

Sementara itu, Kepala Bappedalitbang Kabupaten Bogor, Syarifah Sofiah, mengaku tak menyangka Taman Situ Plaza Cibinong yang ada saat ini sangat diganderungi masyarakat, terutama keluarga dan anak muda. "Insya Allah tahun ini kita akan lanjut pembangunan tahap kedua. Kita mau situ yang jadi potensi ini ditata supaya menjadi taman aktif, bahkan menjadi sumber air baku," paparnya.

Kepala Bidang Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah Bappedalitbang Kabupaten Bogor Ajat R Jatnika menambahkan, tahap II ini akan difokuskan untuk membenahi tepian situ. "Supaya masyarakat bisa menikmati langsung situ dari dekat. Jadi kita benahi pinggir yang ada di Tegar Beriman," katanya.

Pihaknya berharap dengan membuat struktur prasarana kota yang baik, bisa mengubah kultur orang, terutama masyarakat Cibinong untuk bijak dalam menggunakan fasilitas yang ada. "Jadi kita juga mau situ jadi bersih, indah bahkan bisa sampai dipakai berenang," ungkapnya.

Saat membangun Taman Situ Plaza Cibinong, Pemkab Bogor mengucurkan APBN tak kurang dari Rp5 miliar dan dibangun oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.
(thm)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak