alexametrics

Mulai Gundul, Muara Kali Cisadane Ditanami Mangrove

loading...
Mulai Gundul, Muara Kali Cisadane Ditanami Mangrove
Sejumlah siswa SMAN 37 Jakarta menanam mangrove di muara Kali Cisadane, Kabupaten Tangerang.Foto/SINDonews/Hasan Kurniawan
A+ A-
TANGERANG - Puluhan siswa SMAN 37 Jakarta menanam 500 benih mangrove di muara Kali Cisadane, Desa Tanjung Burung, Teluk Naga, Kabupaten Tangerang.

Kepala SMAN 37 Jakarta, Mukmin Jauhari mengatakan, kondisi muara Kali Cisadane yang sangat memprihatinkan, sehingga tergerak untuk melakukan penanaman benih mangrove. "Ada sekira 500 benih mangrove yang kami tanam. Ini merupakan bentuk kepedulian kami terhadap lingkungan sekitar," ungkap Mukmin kepada wartawan pada Selasa (5/2/2019).

Mukmin menjelaskan, kondisi muara Kali Cisadane sangat memprihatinkan, mulai dari banyaknya sampah, dan sangat rawan tergerus abrasi. Ditambah lagi, muara ini sangat dekat dengan wilayah Jakarta.



"Lingkungan ini sudah terjadi kerusakan. Sehingga, diharapkan penanaman mangroove ini dapat membantu mengatasi kerusakan dan mencegah abrasi," ujarnya.

Dilanjutkan Mukmin, kebetulan salah satu alumnus SMAN 37 yakni, Yanelis Prasenja bekerja di Kementerian Kelautan Perikanan (KKP), dan mengikuti perkembangan isu lingkungan yang ada di muara Cisadane. "Sebagai inisiator. Sebenarnya Teluk Naga ini kan dekat dengan Jakarta. Jadi, kita ingin mengedukasi siswa untuk mencintai kingkungan daerah sekitarnya," paparnya.

Dia berharap, apa yang sudah dilakukannya itu dapat diteruskan oleh para siswa, maupun alumni lainnya. Sehingga, menjadi seperti fenomena bola salju, dan muara Kali Cisadane yang botak bisa diselamatkan.

"Sistemnya akan seperti bola salju. Nanti mereka akan mengajak semua keluarga dan kerabat, juga sahabatnya untuk semakin sadar menjaga lingkungan," ucapnya.
(whb)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak