alexametrics

Langgar Perizinan, Apartement Victoria Ancam Banjir Warga Rawa Buaya

loading...
Langgar Perizinan, Apartement Victoria Ancam Banjir Warga Rawa Buaya
Kali Bojong tertutup tertutup material tanah setelah longsor setinggi lima meter di Apartemen Vittoria Residence, Rawa Buaya, Cengkareng, Jakarta Barat. Foto/ Yan Yusuf/KORAN SINDO
A+ A-
JAKARTA - Ancaman banjir melanda kawasan Rawa Buaya, Cengkareng, Jakarta Barat. Penyebab Kali Bojong yang berada di kawasan itu tertutup material tanah setelah longsor setinggi lima meter terjadi di Apartemen Vittoria Residence.

Kuat dugaan longsor disebabkan lemahnya pengawasan. Pengembang apartement membiarkan pembangunan didekat saluran air yang semestinya steril. Imbasnya tanah alami penurunan dan menyebabkan longsor di kawasan itu.

Wali Kota Jakarta Barat, Rustam Effendi menduga, pembangunan Apartement di kawasan itu melanggar perizinan. Ia menyakini bahwa ada beberapa aturan yang ditabrak pengembang hingga akhirnya pembangunan dipinggir kali dilakukan.



"Makanya kami akan panggil pengelolah apartement. Mana bisa dipinggir kali ada bangunan," kata Rustam menanggapi longsor di kawasan itu, Senin (21/9/2019).

Sebelumnya, longsor setinggi lima meter terjadi di Apartemen Vittoria Residence, Cengkareng, Jakarta Barat, Sabtu 19 Januari 2019 malam. Kejadian ini membuat kali bojong yang berada disampingnya tertutup, aliran air terhambat.

Kasudin Sumber Daya Air Jakarta Barat, Imron Syahrin menduga ada pembangunan disana dilakukan secara ilegal. Ia sependapat walikota ada menduga ada praktik penyalah izin dalam pembangunan apartement.

Karenanya, mengklarifikasi hal itu, Imron telah bersurat ke pengembang dan pengelolah Apartemen Vittoria Residence hari ini. Jadwal pemanggilan akan dilakukan besok.

"Kita sudah panggil mereka. Besok seharusnya datang," kata Imron.

Terhadap kawasan itu, Imron menyakini pelanggaran terjadi. Hal ini dikarenakan adanya bangunan di kawasan terbangun di pinggir Kali Bojong.
halaman ke-1 dari 3
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak