Mahasiswa UMB Gandeng MNC Bank Edukasi Pentingnya Menabung Sejak Dini

Jum'at, 11 Januari 2019 - 15:14 WIB
Mahasiswa UMB Gandeng MNC Bank Edukasi Pentingnya Menabung Sejak Dini
Mahasiswa UMB Gandeng MNC Bank Edukasi Pentingnya Menabung Sejak Dini
A A A
JAKARTA - Pada 2015, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyatakan masyarakat Indonesia semakin konsumtif dan mulai meninggalkan kebiasaan menabung. Hal itu tercermin dari menurunnya Marginal Propensity to Save (MPS) dan naiknya Marginal Prosperity to Consume (MPC).

Hal ini menjadikan perhatian empat mahasiswi Universitas Mercu Buana (UMB). Mereka pun melaksanakan Kuliah Peduli Negeri (KPN) yaitu memberikan edukasi berupa “Pentingnya Menabung Sejak Dini” kepada siswa dan siswi di SD Plus Hang Tuah 6, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Jumat 9 November 2018.

Empat mahasiswi Fakultas Ilmu Komunikasi UMB ini, yakni Fitria Apriliani, Kristina, Mariana Siallagan, dan Rini Astriani. Ketua pelaksana kegiatan, Fitria Apriliani mengatakan, tujuan KPN ini untuk menumbuhkan rasa cinta menabung sejak dini untuk bekal dikemudian hari.

"Pada kesempatan kali ini, mahasiswi UMB bekerja sama dengan perwakilan MNC Bank Cabang Sunter, Retna Amalina, sebagai bagian dari pengisi materi mengenai “Ayo Menabung”," kata Fitria.

Acara ini diikuti 75 pelajar SD Plus Hang Tuah 6. Mereka ini merupakan gabungan anak-anak kelas 4A dan 4B.

Menurut Fitria, edukasi diberikan dengan beberapa materi menabung sejak dini. Misalnya apa itu menabung, fungsi menabung, cara menabung, dan mengenal bank terutama MNC Bank untuk anak. "Tidak hanya itu. Siswa dan siswi diberikan juga video animasi mengenai indahnya menabung," ujar Fitria.

Ia berharap, melalui sosialisasi diharapkan para siswa akan lebih menyadari pentingnya menabung sejak dini. Memahami fungsi dan manfaat menabung, serta mengurangi hidup konsumtif anak-anak saat ini.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0233 seconds (0.1#10.140)