alexametrics

Gedung SDN 04 Tanjung Duren Utara Dilengkapi Sarana Disabilitas

loading...
Gedung SDN 04 Tanjung Duren Utara Dilengkapi Sarana Disabilitas
Dalam pembangunan gedung sekolah baru, Pemprov DKI tak hanya memerhatikan estetika namun juga sarana ramah disabilitas. Foto/SINDOnews/Yan Yusuf
A+ A-
JAKARTA - Dalam pembangunan gedung sekolah baru, Pemprov DKI tak hanya memerhatikan estetika namun juga sarana ramah disabilitas. Fasilitas ini terdapat di gedung baru SDN 04 Tanjung Duren Utara, Grogol Petamburan, Jakarta Barat.

Sekolah yang berada ditengah pemukiman padat penduduk berdiri mewah dengan tiga lantai. Tak hanya ramah disabilitas, bangunan itu juga dilengkapi dengan WC khusus disabilitas. Pintu besar dan toilet duduk serta shower untuk mandi menjadi fasilitas pendukung.

Pada bagian lantai 2, bangunan juga dilengkapi aula yang menggabung dua ruang kelas. Ruang ini sangat spesial dengan dilengkapi pendingin ruangan.



“Aku maunya kelas itu,” kata Fahmi (9) murid kelas 4 SD 04 Tanjung Duren ketika ditemui di sekolah, Selasa (8/1/2019).

Fahmi tak sabar dengan keberadaan sekolah barunya. Ia sempat kecewa lantaran harapannya mencicipi sekolah diawal semester 2 tertunda.

“Padahal udah beli sepatu ma tas baru. Eh tahu ngga di sekolah baru,” kata Fahmi saat bermain di sekolahnya.

Setiap sore, Fahmi dan sejumlah teman temannya menengok sekolah. Impian bersekolah di tempat itu diungkapkan setinggi-tingginya. Bila nantinya bersekolah di sana, Fahmi berjanji akan bersekolah lebih rajin dan baik.

Sekretaris Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Susi Nurhayati sebelumnya mengatakan ada ratusan sekolah yang direhab total selama tahun 2018 lalu. Seluruh sekolah itu terdapat di beberapa wilayah, termasuk lima sekolah di Kepulauan Seribu.

Khusus di Kepulauan Seribu, selain berfungsi sebagai sarana pendidikan. Sekolah juga dijadikan lokasi evakuasi bencana, sebab sekolah di sana mampu menahan gempa hingga 9 skala richter dan tingginya mampu melewati tsunami.

Bila satu sekolah minimal 100 siswa, maka Susi menyakini ada 10 ribu siswa yang siap menempati sekolah baru. Rehab ini kemudian dibagi dengan lima paket dengan nilai hampir Rp1,8 triliun. “Sebentar lagi Insya Allah akan diresmikan pak gubernur,” kata Susi singkat.
(ysw)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak