alexametrics

Targetkan 2 Juta Penumpang, PT KCI Wacanakan Tambah Gerbong KRL

loading...
Targetkan 2 Juta Penumpang, PT KCI Wacanakan Tambah Gerbong KRL
Penumpang commuter line saat akan masuk ke Stasiun Jakarta Kota, Jakarta Barat. Foto:dok/SINDOnews/Isra Triansyah
A+ A-
JAKARTA - Menghadapi tahun 2019, PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) ditargetkan mampu mengangkut 2 juta penumpang sehari. Mempercepat itu, PT KCI akan menambah seluruh rangkaian kereta dengan dua rangkaian.

Disisilain, tambahan rangkaian akan memperlambat beban kereta. Kecepatan kereta akan dikurangi seiring dengan beban bertambah, headway akan meningkat seiring meningkat tambahan gerbong.

Vice President Coorporate Communication PT KCI, Eva Chairunissa tak menampik akan hal itu. Ia mengatakan akan ada tambahan dua gerbong akan dilakukan secara bertahap di sejumlah perjalanan.



“Kecuali jalur Kampung Bandan-Tanjung Priok. Belum untuk di tahun 2019,” kata Eva ketika dihubungi SINDOnews, Senin (7/1/2019).

Sebelumnya, Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi menargetkan PT KCI untuk mengangkut 2 juta penumpang per hari di tahun 2019.

Mempercepat itu, pihaknya kemudian meminta agar KCI memperpanjang rangkaian Commuter Line dari 10 rangkaian menjadi 12, 8 rangkaian menjadi 10, dan 12 rangkaian menjadi 14 rangkaian.

Eva meluruskan, maksud pernyataan Budi yakni menjadikan seluruh commuter line menjadi 12 rangkaian, perpanjangan ini akan dilakukan dibeberapa jalur, yakni Bogor-Jakarta Kota, Bekasi-Jakarta Kota, Tangerang-Duri, dan Rangkasbitung-Tanah Abang.

Saat ini, kata Eva, dari 83 kereta yang tersebar, 20 kereta merupakan standformasi 12, jumlah itu terbanyak di Bogor-Jakarta Kota dengan 13 kereta, 5 kereta di lintas Cikarang-Bekasi-Jakarta Kota, dan dua lainnya di lintas Tangerang-Duri.

Sementara untuk standformasi 10, KCI mencatat ada 37 kereta. Puluhan kereta itu tersebar di 16 kereta di Rangkasbitung - Tanah Abang, 8 kereta di Jakarta Kota - Bekasi - Cikarang, 7 kereta loopline Bogor (melintas Jatinegara - Angke), 5 kereta Jakarta Kota - Bogor, dan 1 kereta jurusan Nambo - Angke.
halaman ke-1 dari 3
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak