alexametrics

Curah Hujan Tinggi, Stasiun BMKG Citeko Ingatkan Bahaya Longsor

loading...
Curah Hujan Tinggi, Stasiun BMKG Citeko Ingatkan Bahaya Longsor
Foto: Ilustrasi/SINDOnews
A+ A-
BOGOR - Berdasarkan data Stasiun Klimatologi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Citeko, Puncak, Cisarua memprediksi curah hujan tinggi akan terus terjadi hingga sepekan ke depan. Masyarakat yang tinggal di daerah dataran tinggi untuk mewaspadai adanya bahaya tanah longsor.

Kepala BMKG Citeko, Asep Firman Ilahi mengatakan, wilayah Kabupaten Bogor bagian selatan terdiri dari area perbukitan. Dimana, potensi bencana alam seperti pergerakan tanah maupun longsor juga cukup tinggi.

"Maka dari itu, masyarakat yang tinggal di dataran tinggi dengan kemiringan kurang dari 30 derajat agar waspada terhadap bencana," katanya kepada wartawan, Rabu (2/1/2019).



Ia menyebutkan, curah hujan hingga sepekan kedepan akan terus terjadi di wilayah Puncak. Hujan yang terjadi berdasarkan suhu udara bisa mencapai 18 hingga 28 derajat celcius. Kelembaban udara 70 hingga 95 persen dan angin yang secara umum bertiup dari arah Barat Daya hingga Barat laut dengan kecepatan 05 sampai 30 kilometer per jam.

"Yang jelas masyarakat harus terus mewaspadai terjadinya hujan disertai angin kencang. Khususnya Cianjur, waspada angin kencang pada siang hingga malam hari," katanya.

Pihaknya mengimbau, kepada masyarakat khususnya yang berada di kawasan Puncak (Ciawi, Megamendung dan Cisarua) untuk tetap waspada terhadap bencana, terutama yang berada di dataran dengan tingkat kecuraman tinggi.

"Masyarakat perlu waspada terhadap bencana longsor, khususnya di kedua kecamatan tersebut," jelasnya.
(ysw)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak