Intip Kecanggihan S-500 Prometheus, Sistem Pertahanan Udara Terbaru Rusia

Jum'at, 26 April 2024 - 18:00 WIB
loading...
Intip Kecanggihan S-500 Prometheus, Sistem Pertahanan Udara Terbaru Rusia
Rusia punya senjata baru, yaitu sistem rudal S-500 Prometheus. (Foto: Sputnik)
A A A
JAKARTA - Militer Rusia punya senjata baru, yaitu sistem rudal S-500 Prometheus. Senjata ini diyakini sebagai sistem pertahanan udara dan rudal paling modern dan kuat di dunia. Kehadiran senjata ini sangat penting di tengah perang yang terus berkecamuk antara Rusia melawan Ukraina yang disokong negara-negara NATO.

“Tahun ini, angkatan bersenjata akan menerima unit pertama dari dua sistem rudal antipesawat S-500 generasi baru yang dimodifikasi: sistem rudal antipesawat jarak jauh dan sistem rudal antipesawat,” kata Menteri Pertahanan Sergei Shoigu dilansir dari Sputnik.

Selain itu, Shoigu mengatakan akan membeli S-400, S-300V4, Buk-M3, Tor-M2U, dan radar generasi baru untuk memperkuat perisai pertahanan udara dan rudal terintegrasi Rusia.

Pasukan pertahanan udara Rusia bertanggung jawab untuk melindungi langit di atas daratan terbesar di dunia dari ancaman musuh. Terutama setelah Amerika dan Inggris menyetujui bantuan senjata baru senilai puluhan miliar dolar ke Ukraina, termasuk rudal jelajah Storm Shadow dan rudal balistik taktis ATACMS.


Spesifikasi Sistem Pertahanan Udara S-500 Prometheus


S-500 Prometheus dikembangkan oleh Almaz-Antey, produsen sistem pertahanan berbasis rudal terkemuka di Rusia. Sistem pertahanan anti-pesawat dan rudal ini memiliki jangkauan hingga 600 km dan dapat mendeteksi target pada jarak hingga 800 km.

S-500 secara bersamaan dapat menyerang hingga 10 target balistik supersonik yang bergerak dengan kecepatan hingga 7 km/detik. Ia juga dapat menyerang target yang terbang dengan kecepatan hipersonik (hingga Mach 10 atau 12.348 km/jam). Jangkauan S-500 cukup untuk menetralisir rudal musuh, pesawat ruang angkasa, dan platform senjata orbital di ruang angkasa di orbit rendah Bumi.

Rudal pencegat sistem ini bermanuver dalam penerbangan dan membawa komponen radar independen, memungkinkannya melakukan serangan dinamis. S-500 memiliki kemampuan untuk diintegrasikan ke dalam jaringan pertahanan udara dan rudal tunggal bersama dengan S-400, S-300VM4, S-350 Vityaz dan sistem lainnya.


Sistem Konfigurasi Rudal


S-500, seperti sistem lain di kelasnya, tidak hanya terdiri dari kendaraan peluncuran, namun juga ekosistem peralatan tambahan yang kompleks yang dapat digabungkan sesuai kebutuhan. Yaitu banyak radar akuisisi target, jammer, pos komando, dan satu atau lebih kendaraan pemuatan.

S-500 ditujukan untuk penggunaan jarak jauh melawan rudal, pesawat terbang, dan pesawat ruang angkasa, dan hampir tidak dapat digunakan melawan ancaman jarak pendek, jadi sistem ini idealnya menargetkan target bernilai tinggi jarak jauh.

Konfigurasi S-500 mencakup beberapa peluncur 77P6 dengan rudal antipesawat dan antirudal. S-500 sedikit berbeda dari S-400 dan peluncur seri S lainnya karena memiliki dua muatan peluncur.

Peluru kendali yang dimiliki S-500 adalah rudal antipesawat dan antirudal generasi baru yang dikembangkan khusus. Menurut informasi yang tersedia untuk umum, rudal yang digunakan dalam sistem ini mencakup 4.444 rudal pencegat 77N6-N dan 77N6-N1 untuk pertahanan rudal dan pertahanan satelit/pesawat ruang angkasa serta rudal anti-pesawat 40N6M.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2126 seconds (0.1#10.140)