Ragunan Dipadati Pengunjung, Rekayasa Lalin Dilakukan Situasional

Senin, 24 Desember 2018 - 15:18 WIB
Ragunan Dipadati Pengunjung, Rekayasa Lalin Dilakukan Situasional
Ragunan Dipadati Pengunjung, Rekayasa Lalin Dilakukan Situasional
A A A
JAKARTA - Polisi bersama Dinas Perhubungan (Dishub) melakukan pengamanan di Taman Margasatwa Ragunan (TMR), Pasar Minggu, Jakarta Selatan, khususnya pengamanan arus lalu lintas (lalin) lantaran padatnya kendaraan di sekitar lokasi wisata itu.

Kawasan TMR dipadati pengunjung sejak Minggu 23 Desember 2018 dan bakal terus dibanjiri pengunjung hingga Tahun Baru 2019. Begitu juga pada Senin (24/12/2018) ini, puluhan ribu pengunjung memadati tepat wisata tersebut.

Akibatnya, arus lalu lintas di sekitar area TMR pun mengalamai kepadatan karena banyaknya kendaraan yang keluar masuk kawasan itu, seperti di Jalan RM Harsono dan Jalan Saco. Namun, arus lalu lintas masih terbilang bisa diatasi petugas di lapangan.

Hanya saja, petugas kepolisian dan Sudinhub Jaksel pun telah menyiapkan pengaturan arus lalu lintas di area sekitar TMR.

Kapolsek Pasar Minggu, Kompol Prayitno mengatakan, kepolisian bersama Sudinhub DKI telah menempatkan ratusan personelnya di titik area TMR, khususnya di pintu-pintu masuk hingga ke TL Kementrian Pertanian. Selain itu, puluhan cone pun dipasang guna pengaturan arus lalinnya.

Adapun area paling padat, tambahnya, berada di Pintu Utama TMR. Maka itu, bila terjadi kepadatan yang tinggi akan dilakukan sistem satu arah dari Utara ke Selatan melalui Pintu Utama TMR.

"Rekayasa arus lalin dilakukan secara situasional oleh petugas di lapangan apabila terjadi antrian panjang, apakah dilakukan SSA ataukah contra flow atau bagaimana, teknisnya Sat Lantas Polres Jakarta Selatan yah," katanya.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8309 seconds (0.1#10.140)