Melestarikan Budaya Betawi, Warga Gelar Festival Kampung Joglo

Sabtu, 22 Desember 2018 - 18:41 WIB
Melestarikan Budaya Betawi, Warga Gelar Festival Kampung Joglo
Melestarikan Budaya Betawi, Warga Gelar Festival Kampung Joglo
A A A
JAKARTA - Tak mau hilang tergerus perkembangan zaman dan teknologi, warga Kampung Joglo, Kecamatan Kembangan, Jakarta Barat menggelar Pagelaran Seni Budaya Betawi Kampung Joglo. Acara yang berlangsung di lapangan Kamtib RT17/02 digelar Sabtu (22/12/2018) pukul 06.00-24.00 WIB

Ratusan masyarakat dari berbagai kelurahan dan kecamatan di Jakarta Barat termasuk Lurah Joglo Walman Debataraja antusiasi mengikuti acara tersebut. Beragam kegiatan ditampikan mulai dari senam aerobik massal, pawai kesenian budaya betawi, pawai kembang kelapa, ondel ondel, pestival palang pintu, atrasi silat tradisional, seni tari betawi, musik hadroh, kasidah, lenong betawi, dodol betawi, kuliner betawi dan UKM perkumpulan pedagang bazar mandiri.
Melestarikan Budaya Betawi, Warga Gelar Festival Kampung Joglo

"Pegelaran Seni Budaya Betawi Kampung Joglo ini bertujuan melestarikan budaya betawi agar tidak termakan perkembangan zaman dan teknologi yang semakin canggih," ujar Ketua RW02 Masad di lokasi acara.

Menurut Masad, meski baru pertama kali digelar, antusias masyarakat mengikuti dan menghadiri festival ini sangat luar biasa. Selain dari Kembangan, mereka yang datang berasal dari wilayah lain seperti Kebon Jeruk, Palmerah bahkan ada yang dari Tangerang. "Rencananya festival ini akan menjadi agenda rutin tahunan," terangnya.

Ketua Karang Taruna Joglo M Nasrin mengatakan ada cara lain yang cukup efektif untuk memajukan budaya Betawi. Salah satunya melalui festival yang bisa membawa manfaat yang cukup baik. "Festival ini untuk mengingatkan masyarakat untuk menjaga dan melestarikan budaya Betawi," tandasnya.

Dikatakannya, festival mempunyai membawa nilai positif baik bagi kemajuan budaya Betawi maupun secara ekonomi. "Juga membawa semangat, kebersamaan dan gotong royong," tutupnya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6380 seconds (0.1#10.140)