Profil Mooryati Soedibyo, Pendiri Mustika Ratu yang Pernah Jualan di Garasi Rumah

Rabu, 24 April 2024 - 08:33 WIB
loading...
Profil Mooryati Soedibyo, Pendiri Mustika Ratu yang Pernah Jualan di Garasi Rumah
Profil Mooryati Soedibyo menjadi perhatian usai pendiri Mustika Ratu ini meninggal dunia pada Rabu (24/4/2024). Foto/ Instagram.
A A A
JAKARTA – Profil Mooryati Soedibyo menjadi perhatian usai pendiri Mustika Ratu ini meninggal dunia pada Rabu (24/4/2024).

Wakil Ketua II Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Periode 2004-2009 ini tutup usia pukul 1.00 WIB dini hari pada usia 96 tahun.



Jenazah perempuan yang lahir pada 5 Januari 1928 itu disemayamkan di rumah duka Jalan Mangunsarkoro Nomor 69, Menteng, Jakarta Pusat.

Semasa hidup, Mooryati Soedibyo dikenal sebagai pendiri bisnis kecantikan terkemuka Mustika Ratu.

Mooryati Soedibyo lahir pada 5 Januari 1928 di Surakarta, Jawa Tengah. Ayahnya adalah KRMTA Poornomo Hadiningrat dan ibunya GRA Kussalbiyah.

Sejak lahir, dia tinggal di dalam keraton Surakarta yang kental dengan tradisinya. Sebagai keturunan Paku Buwono X, ia mendapat banyak pelajaran mengenai tata krama, seni, sastra Jawa hingga jamu-jamuan.

Sejak remaja, dia pun telah pandai meracik jamu dengan resep keraton yang berasal dari bahan alami. Mooryati Soedibyo juga pelajaran mengenai tumbuh-tumbuhan berkhasiat dan diajarkan meramu jamu hingga kosmetik dari bahan alami.

Setelah menikah, Mooryati Soedibyo memulai aktif berbisnis membuat jamu, serta kosmetik di garasi rumahnya dengan modal Rp25.000 dan ditawarkan dari rumah ke rumah.

Bermula dari bisnis di garasi rumah, pada 1975, Soedibyo resmi mendirikan brand kosmetik dan jamunya bernama Mustika Ratu.

Usaha tersebut mulai berkembang hingga produknya tersebar hampir ke seluruh Indonesia. Bahkan, di 1995, Mustika Ratu memutuskan melantai di bursa dengan kode emiten MRAT.

Semasa hidupnya, Mooryati pernah menjadi Wakil Ketua II Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Periode 2004-2009. Dia pernah meraih MURI sebagai peraih gelar doktor tertua di Indonesia.

Soedibyo juga masuk sebagai urutan nomor tujuh dalam daftar 99 wanita paling berpengaruh di Indonesia 2007 versi majalah Globe Asia.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1198 seconds (0.1#10.140)