Kunjungan Kerja ke AS, Sandiaga Uno Jajaki Perluasan Kerja Sama dalam Pengembangan Parekraf

Senin, 22 April 2024 - 22:30 WIB
loading...
Kunjungan Kerja ke AS, Sandiaga Uno Jajaki Perluasan Kerja Sama dalam Pengembangan Parekraf
Sandiaga Uno menyampaikan hasil kunjungan kerjanya ke Amerika Serikat (AS) pada 14-16 April 2024 yang disebutnya sebagai kunjungan untuk menjajaki dan memperluas kerja sama pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menyampaikan hasil kunjungan kerjanya ke Amerika Serikat (AS) pada 14-16 April 2024 yang disebutnya sebagai kunjungan untuk menjajaki dan memperluas kerja sama pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf).

Menparekraf dalam “The Weekly Brief with Sandi Uno” yang berlangsung secara daring, Senin (22/4/2024), mengatakan bahwa pada kunjungan kerjanya kali ini ada dua agenda yang dilaksanakan. Yakni kunjungan ke Northeastern University di Boston dan menjadi pembicara dalam High-Level Meeting "UN General Assembly Sustainability Week”.

Sandiaga menjelaskan, tujuan kunjungannya ke Northeastern University pada 14 April 2024 adalah untuk menjajaki kerja sama internasional guna mengakselerasi ilmu pengetahuan. Salah satunya mengenai AI (Artificial Intelligence) dan pengembangannya secara berkelanjutan, khususnya di bidang pariwisata dan ekonomi kreatif.



"Ini adalah salah satu sekolah yang sangat terkenal, memiliki program yang menggabungkan antara pengalaman magang dan juga teori terkini dalam berbagai bidang ilmu. Dan kami melihat bahwa penjajakan kerja sama bisa kita akselerasikan, khususnya berkaitan dengan AI," terang Sandiaga.

Untuk ruang lingkup kerja sama mencakup studi banding, inisiatif riset gabungan, peningkatan kurikulum, hingga kemitraan industri. Politeknik Pariwisata Bali akan menjadi lokasi untuk menjalankan kerja sama ini dengan Northeastern University.

Poltekpar Bali juga mengusulkan adanya kerja sama dalam pengembangan kurikulum pascasarjana berbasis proyek, pengembangan kewirausahaan mahasiswa melalui lokakarya penelitian atau networking, hingga fasilitasi kunjungan belajar mahasiswa Northeastern University ke Poltekpar Bali dan sebaliknya dengan konsep kelas musim panas (summer camp) 2024.

"Oleh karena itu, kolaborasi antara Poltekpar Bali dengan Northeastern University juga mungkin akan kita perluas dengan stakeholder lain. Kita harapkan akan berdampak terhadap kualitas pendidikan dan pelatihan bidang pariwisata dan ekonomi kreatif di Indonesia. Apalagi kita harus membiasakan diri dengan AI sebagai salah satu unstopable trend dalam tata kelola ekonomi digital," beber Sandi.

Kemudian, Menparekraf juga mendapat kehormatan untuk berbicara dalam High-Level Meeting "UN General Assembly Sustainability Week” di markas PBB pada 16 April 2024.



Menparekraf Sandiaga dalam forum tersebut menyampaikan bahwa posisi Indonesia cukup diperhitungkan di mata dunia. PBB melihat Indonesia mampu mengatasi COVID-19, di mana Indonesia melakukan langkah pengembangan pariwisata yang mengedepankan kualitas dan keberlanjutan.

Wujud nyata dari pengembangan tersebut adalah offset emisi karbon, penanaman mangrove, restorasi terumbu karang, hingga penanganan sampah, food loss, dan food waste. Begitu pun dengan program desa wisata yang mendapat perhatian karena memberdayakan masyarakat lokal dengan kearifan adat istiadat setempat.

"Itu adalah oleh-oleh singkat dari kunjungan padat ke Amerika Serikat," ujar Sandiaga.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2032 seconds (0.1#10.140)