DPR AS Setujui Bantuan Perang ke Israel, Ukraina dan Taiwan Rp1.500 T

Minggu, 21 April 2024 - 09:58 WIB
loading...
DPR AS Setujui Bantuan Perang ke Israel, Ukraina dan Taiwan Rp1.500 T
DPR AS meloloskan paket bantuan keamanan untuk Israel, Ukraina dan Taiwan. FOTO/Reuters
A A A
JAKARTA - Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) AS meloloskan paket bantuan keamanan senilai USD95 miliar atau setara Rp1.500 triliun kepada Ukraina, Israel dan Taiwan meski kelompok garis keras Partai Republik menentang keras.

Legislasi ini sekarang diteruskan ke Senat yang mayoritas Demokrat, yang meloloskan langkah serupa lebih dari dua bulan yang lalu. Para pemimpin AS, mulai dari Presiden Joe Biden dari Partai Demokrat hingga petinggi Senat dari Partai Republik, Mitch McConnell, mendesak Ketua DPR dari Partai Republik, Mike Johnson untuk mengajukan Rancangan Undang-Undang (RUU) tersebut untuk pemungutan suara.



Senat akan mulai mempertimbangkan RUU yang disahkan DPR pada hari Selasa, dengan beberapa pemungutan suara awal pada sore harinya. Pengesahan akhir diperkirakan akan dilakukan minggu depan, yang akan membuka jalan bagi Biden untuk menandatanganinya menjadi undang-undang.

RUU ini menyediakan USD60,84 miliar untuk mengatasi konflik di Ukraina termasuk USD23 miliar untuk menambah persenjataan, persediaan dan fasilitas AS USD26 miliar untuk Israel termasuk USD9,1 miliar untuk kebutuhan kemanusiaan, dan USD8,12 miliar untuk Indo-Pasifik termasuk Taiwan.



Biden telah mendesak kongres sejak tahun lalu untuk menyetujui bantuan tambahan untuk Ukraina, mengatakan dalam sebuah pernyataan, "Bantuan ini datang pada saat yang sangat mendesak, dengan Israel menghadapi serangan yang belum pernah terjadi sebelumnya dari Iran dan Ukraina di bawah bombardir yang terus menerus dari Rusia."

Mengutip Reuters, hasil pemungutan suara untuk meloloskan pendanaan Ukraina adalah 311-112. Secara signifikan, 112 anggota Partai Republik menentang legislasi tersebut dengan hanya 101 yang mendukung.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4184 seconds (0.1#10.140)