alexametrics

Saluran Air Tertutup Bangunan, Warga Pluit Khawatir Terjadi Banjir

loading...
Saluran Air Tertutup Bangunan, Warga Pluit Khawatir Terjadi Banjir
Foto/Ilustrasi/SINDOnews
A+ A-
JAKARTA - Warga Pluit, Penjaringan, Jakarta Utara, mengeluhkan penambahan bangunan sejumlah tempat usaha di Jalan Pluit Karang Indah Timur, RW 12, Kelurahan Pluit. Pasalnya, penambahan bangunan dalam bentuk kanopi tersebut berdiri hingga ke atas saluran dan diduga tidak berizin.

Salah seorang warga Pluit, Moh Hashim mengatakan, warga khawatir penambahan bangunan dengan menutup saluran air menggunakan decker justru membuat banjir di wilayah tersebut."Kalau salurannya ditutup, kan susah untuk membersihkannya. Kami khawatir ini akan menjadi pemicu banjir, kalau sudah banjir kan yang rugi masyarakat," Hasim pada Jumat (14/12/2018).

Hasim menyayangkan, aparatur lingkungan setempat seolah membiarkan pengembangan bangunan sejumlah usaha tersebut. Dia berharap, aparatur pemerintahan kelurahan maupun kecamatan bisa melakukan penindakan terhadap sejumlah bangunan yang diduga melanggar garis sepadan bangunan (GSB).



"Kami berharap aparat terkait melakukan pembongkaran decker penutup saluran agar tidak sampai memicu banjir. Saya harap petugas bisa menertibkan sebelum puncak penghujan tiba," ujarnya.

Kasatgas Pol PP Kecamatan Penjaringan, Portomuan mengatakan, akan melakukan sidak dan pengecekan lapangan dan koordinasi dengan instansi terkait untuk memastikan status perizinan bangunan dimaksud. "Kalau memang melanggar, sesuai aturan kita akan tertibkan," ujarnya.

Karena fasilitas umum tidak boleh disalah gunakan. "Pastinya kami akan melakukan penertiban apalagi itu menutup saluran air. Kan bahaya bisa banjir nanti," ucapnya.
(whb)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak