Serangan Udara Israel ke Rafah, Tewaskan 9 Orang, Termasuk 6 Anak-anak

Sabtu, 20 April 2024 - 18:08 WIB
loading...
Serangan Udara Israel ke Rafah, Tewaskan 9 Orang, Termasuk 6 Anak-anak
Israel mengintensifkan serangan udara ke Rafah yang berdekatan dengan Mesir. Foto/AP
A A A
GAZA - Serangan udara Israel terhadap sebuah rumah di kota paling selatan Gaza menewaskan sedikitnya sembilan orang, enam di antaranya anak-anak. Serangan tersebut terjadi ketika Israel melancarkan serangannya selama hampir tujuh bulan di wilayah Palestina yang terkepung.

Perang Israel melawan kelompok Islam Hamas telah menyebabkan peningkatan ketegangan yang dramatis di Timur Tengah yang sudah bergejolak.

Melansir AP, serangan pada Jumat malam menghantam sebuah bangunan perumahan di lingkungan Tel Sultan barat di kota Rafah, menurut pertahanan sipil Gaza. Jenazah keenam anak tersebut, dua perempuan dan satu laki-laki dibawa ke rumah sakit Abu Yousef al-Najjar di Rafah.

Di rumah sakit, para kerabat menangis dan memeluk jenazah anak-anak yang terbungkus kain kafan putih itu, sementara orang lain menghibur mereka.

Korban tewas termasuk Abdel-Fattah Sobhi Radwan, istrinya Najlaa Ahmed Aweidah dan ketiga anak mereka, kata saudara iparnya Ahmed Barhoum. Barhoum juga kehilangan istrinya, Rawan Radwan, dan putri mereka yang berusia 5 tahun, Alaa.

“Ini adalah dunia yang tidak memiliki nilai-nilai kemanusiaan dan moral,” kata Barhoum kepada The Associated Press Sabtu pagi, sambil menangis sambil menggendong dan dengan lembut menggendong tubuh Alaa dalam pelukannya. “Mereka mengebom sebuah rumah yang penuh dengan pengungsi, perempuan dan anak-anak. Tidak ada yang mati syahid kecuali perempuan dan anak-anak.”

Rafah, yang terletak di perbatasan dengan Mesir, saat ini menampung lebih dari separuh total populasi Gaza yang berjumlah sekitar 2,3 juta orang, sebagian besar dari mereka terpaksa mengungsi akibat pertempuran di wilayah utara.

Meskipun ada seruan untuk menahan diri dari komunitas internasional, termasuk sekutu setia Israel, Amerika Serikat, pemerintah Israel telah bersikeras selama berbulan-bulan bahwa mereka bermaksud untuk melancarkan serangan darat ke kota tersebut, yang menurut mereka merupakan tempat persembunyian banyak militan Hamas yang tersisa.

Operasi darat seperti itu belum terwujud sejauh ini, namun militer Israel telah berulang kali melancarkan serangan udara di dalam dan sekitar kota tersebut.

Perang tersebut dipicu oleh serangan yang belum pernah terjadi sebelumnya ke Israel selatan oleh Hamas dan kelompok militan lainnya pada 7 Oktober yang menyebabkan sekitar 1.200 orang tewas, sebagian besar dari mereka adalah warga sipil, dan sekitar 250 orang diculik dan dibawa ke Gaza. Israel mengatakan sekitar 130 sandera masih berada di Gaza, meskipun lebih dari 30 orang telah dipastikan tewas, baik terbunuh pada 7 Oktober atau meninggal dalam penawanan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0969 seconds (0.1#10.140)