10 Obat yang Tidak Boleh Diminum Bersama dengan Kopi

Sabtu, 20 April 2024 - 07:00 WIB
loading...
10 Obat yang Tidak Boleh Diminum Bersama dengan Kopi
Beberapa jenis obat tidak boleh diminum bersama dengan kopi. Ini karena kopi dapat berinteraksi dengan obat-obatan dan mengubah seberapa cepat mereka diserap. Foto/Health
A A A
JAKARTA - Beberapa jenis obat tidak boleh diminum bersama dengan kopi . Ini karena secangkir kopi dapat berinteraksi dengan obat-obatan yang Anda minum, dan mengubah seberapa cepat mereka diserap ke dalam aliran darah Anda juga.

Itu berarti bahwa minum kopi pada saat yang sama Anda minum obat dapat memengaruhi seberapa baik mereka bekerja. Pada 2020, sekelompok peneliti meninjau berbagai obat dan bagaimana mereka dipengaruhi oleh kopi.

Hasilnya ditemukan bahwa kopi secara signifikan mempengaruhi penyerapan, distribusi, metabolisme, dan ekskresi banyak obat. Namun, tidak semua obat dipengaruhi oleh minum kopi.

10 Obat yang Tidak Boleh Diminum Bersama dengan Kopi



Berikut daftar obat yang tidak boleh diminum bersamaan dengan kopi dilansir dari Health, Sabtu (20/4/2024).



1. Obat Tiroid


Jika Anda memiliki hipotiroidisme, kelenjar tiroid Anda tidak menghasilkan cukup hormon tiroid. Hal ini dapat menyebabkan kenaikan berat badan, kulit kering, nyeri sendi, rambut rontok, dan menstruasi yang tidak teratur.

Banyak orang diberi resep levothyroxine atau obat tiroid lainnya untuk membantu menyeimbangkan hormon. Studi menunjukkan bahwa minum kopi pada saat yang sama dengan minum obat tiroid dapat mengurangi berapa banyak obat diserap oleh tubuh, membuat obat kurang efektif.

Laporan kasus pasien menunjukkan bahwa kopi bahkan dapat mengurangi penyerapan obat tiroid lebih dari setengahnya.

2. Obat Pilek atau Alergi


Obat untuk pilek atau alergi digunakan oleh jutaan orang, dan sering mengandung stimulan sistem saraf pusat seperti pseudoephedrin. Kopi juga merupakan stimulan, jadi minum obat alergi dengan kopi dapat meningkatkan gejala kegelisahan dan sulit tidur.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1493 seconds (0.1#10.140)