5 Partai Politik Terbesar di India, Salah Satunya Anti-Muslim

Kamis, 18 April 2024 - 19:40 WIB
loading...
5 Partai Politik Terbesar di India, Salah Satunya Anti-Muslim
Sebanyak 2.500 partai politik akan mengikuti pemilu di India, namun hanya 5 partai besar yang mendapatkan dukungan. Foto/Reuters
A A A
NEW DELHI - India akan memulai pelaksanaan demokrasi terbesar di dunia, dengan 969 juta pemilih terdaftar memberikan suara untuk memilih 543 anggota Lok Sabha, majelis rendah parlemen India dalam tujuh tahap mulai tanggal 19 April mendatang.

Negara dengan populasi terpadat di dunia ini mempunyai lebih dari 2.500 partai politik, namun hanya 10 dari partai tersebut yang saat ini menguasai 86 persen kursi di Lok Sabha.

5 Partai Politik Terbesar di India, Salah Satunya Anti-Muslim

1. Partai Bharatiya Janata (BJP)

5 Partai Politik Terbesar di India, Salah Satunya Anti-Muslim

Foto/Reuters

Melansir Al Jazeera, BJP yang dipimpin oleh Perdana Menteri Narendra Modi mengklaim sebagai organisasi politik terbesar di dunia, dengan hampir 180 juta anggota.

BJP lahir pada tahun 1980 dari partai Bharatiya Jana Sangh, sebuah cabang dari organisasi nasionalis Hindu sayap kanan, Rashtriya Swayamsevak Sangh (RSS).

RSS, yang dibentuk pada tahun 1925 sejalan dengan gerakan etnonasionalisme Eropa dan partai fasis, ingin India ditetapkan sebagai negara Hindu. Saat ini, organisasi rahasia khusus laki-laki tersebut adalah sumber ideologis bagi puluhan kelompok sayap kanan Hindu, termasuk BJP, dan menganggap Modi serta banyak pemimpin penting BJP sebagai anggota seumur hidup mereka.

BJP didirikan tak lama setelah pemberlakuan keadaan darurat yang kontroversial oleh Perdana Menteri Indira Gandhi dari Kongres pada tahun 1975. Atal Bihari Vajpayee, seorang pemimpin terkemuka Bharatiya Jana Sangh, menentang keadaan darurat tersebut – sebuah papan yang menghasilkan koalisi anti- -Partai Kongres yang berkuasa pada tahun 1977.

Namun aliansi tersebut runtuh dalam dua tahun karena pertikaian politik dan Vajpayee membentuk BJP pada tahun 1980 dengan pembantu dekatnya, Lal Krishna Advani. Pada tahun 1996, Vajpayee menjadi perdana menteri BJP pertama namun pemerintahannya hanya bertahan 13 hari. Dia kembali berkuasa selama 13 bulan pada tahun 1998-1999 dan kemudian dari tahun 1999 hingga 2004 – perdana menteri non-Kongres pertama yang menjalani masa jabatan penuh.

Modi, 73 tahun, lahir dan besar di negara bagian barat Gujarat, telah menjadi anggota RSS sejak usia 20-an. Ia juga tergabung dalam Bharatiya Jana Sangh sebelum menjadi BJP. Modi naik pangkat selama bertahun-tahun dan menjadi menteri utama Gujarat selama lebih dari satu dekade.

Pada tahun 2014, Modi memimpin BJP untuk membentuk pemerintahan mayoritasnya sendiri untuk pertama kalinya dan ia terus berkuasa sejak saat itu. Dia mengincar masa jabatan ketiga melalui pemilihan ulang dari Varanasi, sebuah kota di negara bagian Uttar Pradesh di utara, yang memiliki makna keagamaan bagi mayoritas Hindu.


2. Kongres Nasional India

5 Partai Politik Terbesar di India, Salah Satunya Anti-Muslim

Foto/Reuters
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1332 seconds (0.1#10.140)