Selamat, KB Bank Tempati Peringkat Nasional di Level AAA dengan Outlook Stabil Versi Fitch

Kamis, 18 April 2024 - 11:46 WIB
loading...
Selamat, KB Bank Tempati Peringkat Nasional di Level AAA dengan Outlook Stabil Versi Fitch
Peringkat AAA KB Bank yang diberikan oleh Fitch merupakan apresiasi atas upaya perbaikan fundamental dan menjadi institusi perbankan terpercaya di Indonesia. (Foto: Dok KB Bank)
A A A
JAKARTA - KB Bank menempati peringkat Nasional di level ‘AAA’. Pemeringkatan diberikan oleh PT Fitch Ratings Indonesia (Fitch), lembaga pemeringkat kredit internasional. Peringkat tersebut mencerminkan stabilitas tertinggi terhadap emiten dan obligasi dengan tingkat risiko gagal bayar paling rendah.

Peringkat ini sekaligus menggambarkan stabilitas keuangan KB Bank (BBKP) dan komitmennya terhadap praktik-praktik bisnis berkelanjutan.

“Peringkat AAA KB Bank yang diberikan oleh Fitch sebagai pihak independen, merupakan apresiasi terhadap komitmen atas upaya perbaikan fundamental dan menjadi institusi perbankan terpercaya di Indonesia,” ujar Wakil Direktur Utama KB Bank Robby Mondong.

Proses pemeringkatan Fitch dilakukan berdasarkan informasi faktual dari berbagai sumber kredibel dan terverifikasi. Pembaruan peringkat Fitch juga dilakukan terhadap berbagai instrumen keuangan KB Bank yang telah diterbitkan sebelumnya, yaitu:

• Peringkat Nasional Jangka Panjang di ‘AAA(idn)’; Outlook Stabil.

• Peringkat Nasional Jangka Panjang ‘AAA(idn)’ untuk Program Obligasi Berkelanjutan I PT Bank KB Bukopin Tbk sejumlah maksimum Rp2 triliun.

• Peringkat Nasional Jangka Panjang ‘AAA(idn)’ untuk Obligasi Berkelanjutan I PT Bank KB Bukopin Tbk Tahap I Tahun 2021 sejumlah Rp1 triliun.

• Peringkat Nasional Jangka Panjang ‘AA(idn)’ untuk Program Obligasi Subordinasi Berkelanjutan III PT Bank KB Bukopin Tbk sejumlah maksimum Rp2 triliun.

• Peringkat Nasional Jangka Panjang ‘AA(idn)’ untuk Obligasi Subordinasi Berkelanjutan III PT Bank KB Bukopin Tbk Tahap I tahun 2021 Seri A sejumlah Rp315 miliar.

• Peringkat Nasional Jangka Panjang ‘AA(idn)’ untuk Obligasi Subordinasi Berkelanjutan III PT Bank KB Bukopin Tbk Tahap I tahun 2021 Seri B sejumlah Rp685 miliar.

Robby mengatakan, dengan dipertahankannya peringkat nasional KB Bank oleh Fitch, semakin memperkuat komitmen KB Bank dalam memberikan layanan perbankan yang andal dan inovatif sesuai kebutuhan nasabah.

Peringkat tersebut juga makin membuktikan tagline yang diusung KB Bank, yaitu ‘Kita Bisa karena Bersama’, yang disemangati tekad mewujudkan visi menjadi Top 10 bank di Indonesia.

Seperti diketahui, komposisi setelah pelaksanaan Penawaran Umum Terbatas (PUT) VII, komposisi kepemilikan saham KB Bank adalah KB Kookmin Bank sebesar 66.88 persen, STIC Eugene Star Holdings Inc. sebesar 16.98 persen dan publik 16.14 persen.
(ars)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1314 seconds (0.1#10.140)