Pesawat Mata-mata AS Lintasi Selat Taiwan, China Langsung Kirim Jet Tempur

Kamis, 18 April 2024 - 09:56 WIB
loading...
Pesawat Mata-mata AS Lintasi Selat Taiwan, China Langsung Kirim Jet Tempur
Pesawat mata-mata P-8A Poseidon AS terbang di atas Selat Taiwan, China langsung kirim jet tempur untuk memperingatkannya. Foto/REUTERS
A A A
TAIPEI - Sebuah pesawat mata-mata Angkatan Laut Amerika Serikat terbang di atas Selat Taiwan yang sensitif pada Rabu. China merespons cepat dengan mengirim jet tempur untuk memantau dan memperingatkan pesawat Amerika tersebut.

Pesawat patroli dan pengintaian maritim P-8A Poseidon terbang di atas Selat Taiwan hanya beberapa jam setelah panggilan telepon antara kepala pertahanan Beijing dan Washington.

China mengeklaim kedaulatan atas Taiwan yang memerintah sendiri secara demokratis, dan mengatakan pihaknya memiliki yurisdiksi atas selat tersebut. Taipei dan Washington menolak klaim tersebut, dengan mengatakan Selat Taiwan adalah jalur perairan internasional.

Armada ke-7 Angkatan Laut AS mengatakan pesawat P-8A Poseidon, yang juga digunakan untuk misi anti-kapal selam, terbang di atas selat di wilayah udara internasional.



“Dengan beroperasi di Selat Taiwan sesuai dengan hukum internasional, Amerika Serikat menjunjung tinggi hak navigasi dan kebebasan semua negara,” katanya dalam sebuah pernyataan.

“Transitnya pesawat di Selat Taiwan menunjukkan komitmen Amerika Serikat terhadap Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka.”

Namun militer China menggambarkan penerbangan tersebut sebagai “kehebohan publik”, dan menambahkan bahwa mereka telah mengirimkan pesawat tempur untuk memantau dan memperingatkan pesawat AS dan menanganinya sesuai dengan hukum dan peraturan.

“Pasukan di teater selalu dalam siaga tinggi dan akan dengan tegas membela kedaulatan dan keamanan nasional serta perdamaian dan stabilitas regional,” kata Komando Teater Timur Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) China dalam sebuah pernyataan.

Kementerian Pertahanan Taiwan mengatakan bahwa pesawat AS terbang ke selatan melalui selat tersebut dan pasukan Taipei telah memantau situasi namun tidak melihat adanya kelainan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1064 seconds (0.1#10.140)