Pemkot Tangerang Wajibkan Siswa Bawa 1 Pohon saat Ambil Raport

Jum'at, 07 Desember 2018 - 16:26 WIB
Pemkot Tangerang Wajibkan Siswa Bawa 1 Pohon saat Ambil Raport
Pemkot Tangerang Wajibkan Siswa Bawa 1 Pohon saat Ambil Raport
A A A
JAKARTA - Pemkot Tangerang meminta seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) dan seluruh masyarakat untuk menghijaukan Kota Tangerang. Salah satu upaya dilakukan yakni, mewajibkan setiap wali murid di seluruh sekolah Kota Tangerang membawa satu pohon saat mengambil raport.

Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah mengatakan, telah menginstruksikan kepada Dinas Pendidikan Kota Tangerang, agar mewajibkan setiap wali murid untuk membawa satu pohon saat mengambil raport.“Coba deh misalkan nih anak SMP waktu pembagian raport, suruh menanam pohon dulu satu anak satu pohon. Baru bagikan raportnya biar bisa masif,” kata Arief pada puncak Aksi Penanaman Pohon 2018, Rabu, 5 Desember 2018 lalu di alun-alun Kecamatan Neglasari.Arief meminta OPD dan seluruh pihak, untuk ikut menghijaukan Kota Tangerang. Sebab aksi ini merupakan kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan peran serta masyarakat sebagai bentuk upaya mitigasi perubahan iklim, melalui penanaman pohon di masing-masing wilayah.“Menyelesaikan suatu masalah perlu peran serta dari seluruh pihak. Aksi penanaman pohon ini diharapkan bisa menurunkan suhu 2 derajat celsius. Jadi kita harus benar-benar bekerja keras dan bekerja sama,” ujarnya.Arief menambahkan, penanaman pohon secara terus menerus dan masif diperlukan dalam rangka meningkatkan kualitas lingkungan hidup. Aksi itu juga menuntut peran nyata dari pemerintah serta masyarakat untuk lebih peka dan sadar terhadap isu perubahan iklim.“Kalau lingkungan ini enggak kita tata dan atasi bersama, ibaratnya kita menyimpan bom waktu,” ujarnya. Arief berharap, acara yang digelar bukan sekedar puncak kegiatan. Namun diharapkan aksi ini menjadi starting point untuk bisa mengajak dan bekerja sama-sama dengan seluruh masyarakat melakukan penanaman pohon.
“Puncaknya adalah ketika kota kita ini lebih sejuk lebih adem dinikmati. Dan saya yakin hal itu bisa diwujudkan di kota kita ini. Asalkan semua pihak sadar, bahwa kota ini adalah anugerah terindah yang Allah SWT berikan kepada kita semua,” tegas Arief.
Pada kesempatan itu Arief juga mengajak semua pihak, untuk sama-sama bekerja menjadikan lingkungan Kota Tangerang menjadi sejuk dan nyaman untuk generasi penerus. “Kota ini punya potensi dua juta penduduk. Kalau satu pohon satu orang, sudah ada empat juta pohon di kota ini,” ujarnya.
Untuk diketahui, puncak acara yang digelar mengusung tema “Aksi Nyata, Satu Tujuan di Bawah 2°C”. Acara diprakarsai Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Tangerang. Kegiatan tersebut merupakan rangkaian dari Hari Menanam Pohon Indonesia tingkat Kota Tangerang.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5853 seconds (0.1#10.140)