alexametrics

Gelar Cek Darah, Pemkot Tangsel Sebut Ada 197 Orang Positiv HIV

loading...
Gelar Cek Darah, Pemkot Tangsel Sebut Ada 197 Orang Positiv HIV
Foto: Ilustrasi
A+ A-
TANGERANG SELATAN - Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangsel Deden Deni mengatakan, dari 7.718 warga Tangsel yang menjalani tes darah, ada 197 orang yang positif HIV/AIDS, dan beberapa diantaranya ibu rumah tangga.

"Ada 169 kasus yang positif HIV/AIDS dan harus mendapatkan obat antiretrovirals (ARV). Sedang 28 orang dirujuk keluar, ini angka sementara yang masuk," katanya kepada wartawan, Kamis (6/12/2018).

Dia berharap, permasalahan HIV/AIDS yang ada di Kota Tangsel dapat dicegah sedini mungkin. Salah satunya dengan rutin melalukan kegiatan cek darah ke warga, dan bisa dilakukan antisipasi penyebarannya.

"Sesuai dengan Permenkes No 43 Tahun 2016, kelompok beresiko harus berani mengetahui status HIV-nya, karena jika hasilnya reaktif/positif, maka akan langsung mendapatkan obat ARV," ujarnya.

Melalui obat ARV tersebut, para pengidap HIV/AIDS dapat hidup secara normal dan melakukan aktivitasnya seperti biasa. Selain itu, mereka juga akan dapat pendampingan.

"Sehingga dapat mendorong percepatan penurunan epidemi HIV, dan 3 Zero pada 2030, yaitu, tidak ada infeksi baru HIV, tidak ada kematian akibat AIDS, dan tidak ada stigma dan diskriminasi ODHA," jelasnya.
(ysw)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak