Ngeri! Ini Deretan Ombak Terbesar di Dunia, Ada yang Mencapai 500 Meter Lebih

Rabu, 17 April 2024 - 18:00 WIB
loading...
Ngeri! Ini Deretan Ombak Terbesar di Dunia, Ada yang Mencapai 500 Meter Lebih
Ombak besar tak hanya jadi buruan para pencinta surfing tapi juga para ilmuwan. (Foto: USA Today)
A A A
JAKARTA - Sejarah mencatat sejumlah fenomena alam berupa ombak terbesar di dunia. Baik yang terjadi karena bencana alam atau rutin terjadi di suatu perairan.

Ombak besar tak hanya jadi buruan para pencinta surfing tapi juga para ilmuwan yang mencari jawaban atas keunikan misteri alam.

Dilansir dari Rapturecamps, Rabu (17/4/2024), rekor ombak terbesar di dunia masih dipegang olah Teluk Lituya di Alaska. Tempat itu pernah dilanda ombak tertinggi yang pernah tercatat, setinggi 1.720 kaki atau 524 meter. Ombak besar tersebut dipicu oleh tanah longsor besar pada tahun 1958 dan menyebabkan kerusakan parah.

Ombak terbesar di dunia selanjutnya adalah tsunami di Samudera Hindia pada tahun 2004. Tsunami waktu itu menghasilkan ombak raksasa setinggi 100 kaki, menyebabkan kehancuran luas dan merenggut lebih dari 230.000 jiwa di beberapa negara. Peristiwa-peristiwa bersejarah ini menunjukkan kekuatan dan dampak luar biasa dari ombak terbesar yang tercatat dalam sejarah.



Terlepas dari dua peristiwa fenomenal di atas, ada sejumlah tempat yang memiliki ombak terbesar di dunia, antara lain :

1. Nazaré, Portugal


Nazaré menarik para peselancar dari seluruh dunia untuk menaklukkan gelombang besarnya. Ombak terbesar yang pernah muncul di tempat ini setinggi 100 kaki, menjadikannya salah satu tempat selancar ombak besar paling menantang di dunia.

2. Peahi (Jaws), Maui


Terletak di Maui, Peahi (Jaws) terkenal sebagai salah satu tempat dengan ombak terbesar dan paling sempurna di dunia. Ombaknya menawarkan potensi untuk wahana tabung besar, namun juga menghadirkan bahaya signifikan karena sifatnya yang tidak terduga dan patahan yang berbahaya.


3. Cortes Bank, California


Terletak 100 mil dari pantai California Selatan, Cortes Bank terkenal dengan ombaknya yang legendaris dan lokasinya terpencil. Gunung bawah laut ini menciptakan kondisi sempurna untuk ombak raksasa, menarik hanya peselancar paling berpengalaman dan pemberani.

4. Mavericks, California


Dikenal dengan bahayanya yang ekstrem dan kondisinya yang berbahaya, Mavericks adalah salah satu tempat selancar ombak besar paling menantang di dunia. Ombaknya dapat mencapai ketinggian hingga 60 kaki, menjadikannya medan yang mendebarkan bagi para peselancar yang berani.

5. Teahupoo, Tahiti


Terkenal dengan gulungan ombaknya yang kuat dan berat, Teahupoo adalah salah satu ombak tersulit untuk ditaklukkan. Ombaknya pecah di atas terumbu karang yang dangkal dan bergerigi, menciptakan terowongan ombak yang intens dan menarik para peselancar berpengalaman yang mencari tantangan adrenalin.


6. Waimea Bay, Hawaii


Terletak di North Shore Oahu, Waimea Bay terkenal dengan ombaknya yang besar dan konsisten, yang dapat mencapai ketinggian hingga 30 kaki selama musim dingin. Kedekatannya dengan pantai menjadikannya tempat yang mudah diakses bagi para penonton untuk menyaksikan aksi para peselancar.

7. Donegal Bay, Irlandia


Mullaghmore Head di Donegal Bay terkenal sebagai tempat dengan ombak terbesar di dunia yang dapat mencapai ketinggian lebih dari 50 kaki. Kondisi optimal di sini membutuhkan badai musim dingin Atlantik Utara yang besar, menghadirkan tantangan dan bahaya unik bagi para peselancar.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2374 seconds (0.1#10.140)